Empat Trik Mengisi Liburan Bersama Anak


Oleh: Nur Aini

Liburan panjang memang mengasyikkan bagi anak-anak. Mereka bisa bermain sepuasnya, jauh dari PR, dan bisa bermain gadget sepuasnya. Namun kadang para ibu meradang kalau si anak seharian bermain gadget. Mereka lupa makan, minum, dan mandi. Tak jarang mereka keroyokan dengan ibunya karena ponsel cuma satu sang ibu juga tidak bisa pakai belum lagi kuota habis oleh anak. Siapa yang tidak jengkel kalau seperti itu. Nah disini ada tips untuk mengisi liburan bagi anak agar liburan mereka bermanfaat. Dari segi ekonomi juga hemat.

1. Ajak anak ke perpustakaan
Pasti senang jika anak-anak pergi ke perpustakaan. Fasilitas buku yang memadai membuat mereka senang di hati. Walaupun mereka hanya melihat-lihat gambar si majalah tentu tidak masalah. Yang penting mereka menikmati. Apa lagi jika di perpustakaan ada taman bermain bagi anak-anak tentu seru sekali. Mereka bisa tertawa lepas dengan bermain disana. Apalagi disana gratis alias tidak banyar. Tentu hemat bukan. Kalau perpustakaan itu jauh di tempat anda. Anda bisa kok pergi ke rumah baca yang dekat dengan tempat tinggal anda.

2. Bermain musik
Nah banyak nih tentunya khursus musik didaerah anda. Jika kita mau belajar bermain musik dan belum bisa sama sekali megang alat musik ini solusinya. Kita bisa kursus musik dengan harga relatif murah. Hanya 200 ribu rupiah selama empat kali pertemuan. Oleh karena itu sisa THR kemarin bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan musik. Jangan hanya dihabiskan untuk keperluan lebaran. Selain anak bisa pintar main musik juga mengasah kemampuan mereka dalam bermain alat musik. Misalnya piano, gitar, dan drum. Anak perempuan atau laki-laki tidak masalah untuk belajar bermain musik. Nah kalau anak sudah mahir bisa dimasukkan ke grup musik yang ada di daerah anda jadi kemampuan mereka akan terus terasah.

3. Belanja di pasar tradisional
Ibu-ibu biasanya mempersiapkan bahan makanan untuk keperluan sehari-hari nah anak bisa diajak ikut berbelanja. Tapi sebelumnya anak harus diberi rambu-rambu terlebih dahulu. Kalau tidak pasti akan berabe si anak akan minta ini itu dan habis deh uang kita karena anak menangis minta mainan. Nah anak-anak pasti bisa memahami ibunya makanya anak bisa diberi tahu terlebih dahulu kepada mereka tujuan awal pergi ke pasar. Tak harus ke mall kalau kita belanja. Kita bisa memberi pemahaman kepada anak tempat belanja yang harganya relatif murah dan ada kegiatan tawar-menawar tentunya.

4. Pergi ke rumah saudara
Bertemu dengan saudara untuk bermain bersama tentunya mereka sangat senang
 Kok ga kerumah nenek ya, karena nenek punya kesibukan makanya kita bisa bertemu dengan saudara. Disana anak-anak bisa bermain sepeda, monopoli, atau petak umpet. Pasti mereka sangat senang. Selain itu bisa melatih sikap anak untuk sabar, sportif, dan karakter yang lain. Karena mereka bermain dengan penuh kasih dan sayang dengan saudara maka akan timbul karakter yang hebat untuk anak-anak.

Nah, itu tadi empat trik mengisi liburan panjang kali ini. Jangan sampai anak terpaku dengan gadgetnya dirumah yang berakibat tidak baik untuk kesehatannya jika berlama-lama bermain game di gadget mereka. Semua itu bisa dipilih sesuai keadaan daerah masing-masing. Selamat mencoba...

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.