Kinanti WP: Menulis, Tempat Pelarian Teristimewa


Penulis: Azhar Fariha

Menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan dengan tulisan. Terkadang ada hal-hal yang tidak dapat diungkapkan melalui lisan, sehingga tidak jarang terjadi kesalahpahaman. Maka dari itu, menuangkan ide atau perasaan melalui tulisan merupakan cara terbaik dalam berkarya, sehingga terlahir para penulis berkompeten.

Salah satu penulis berkompeten yang telah melahirkan beberapa karya adalah Kinanti Wiranti Putri atau biasa disapa Kitty, Kin, atau Kinan bahkan dikenal dengan nama pena Kinanti WP. Wanita berdarah Jamibe (Jawa, Minang, Betawi) ini memang terlahir di dunia seni dari pasangan Susilo Harjo Hartono dan Santy Karno, adik kandung Rano Karno. Sejak kecil telah berkecimpung dalam bidang seni peran melalui Si Doel, Sarana Angkutan Rakyat, Engkau Selalu Selalu di Hatiku, dan Usaha Gawat Darurat serta pernah menjadi bintang iklan. Sayangnya, kegiatan ini dihentikan semasa SMA karena merasa bukan hasrat-nya.

Kinanti WP saat mengikuti lomba Pemilihan Model Batik 1994
Namun, perjalanan kariernya tidak berhenti total. Kitty memilih bekerja di balik layar sebagai kru produksi iklan sejak kuliah hingga selesai dan pernah bekerja di beberapa agensi periklanan, lalu berhenti tahun 2013. Setelah itu, Kitty menikah dan dikaruniai seorang remaja putri cantik dan seorang balita imut-imut. Statusnya sebagai ibu rumah tangga yang mengurus rumah tanpa bantuan ART (Asisten Rumah Tangga) tidak membuatnya luput dari menulis.

Kebiasaan menulis sudah dimulai semasa sekolah karena disleksia yang diidapnya, sehingga seringkali berusaha melatih kemampuan tulisannya melalui buku catatan harian. Akan tetapi, kekurangannya tidak menjadikannya patah arang bahkan kini telah menelurkan karya-karya yang dicintai pembacanya.
Karya terbaru Kinanti WP
"Menulis itu seperti tempat pelarian paling istimewa. Saat menulis, aku bisa menyuarakan hal-hal yang tidak bisa aku utarakan dengan lisan. Menulis begitu istimewa karena aku bisa menciptakan dan menghidupkan karakter yang sama sekali berbeda dengan diriku dari kehidupan yang begitu bertolak belakang dengan kenyataan. Aku bisa menitipkan pesan, harapan, bahkan kritik sosial dengan cara yang bisa diterima orang lain. Intinya, menulis membuat aku merasa lebih hidup dan bahagia", jelasnya saat ditanya tentang makna menulis baginya.

Sebagian penulis pun memiliki kecenderungan terhadap suatu hal. Begitu pula dengannya yang akhir-akhir ini menyukai tulisan genre chicklit, tetapi dengan sentuhan romansa komedi. Menurutnya, cinta tidak harus selalu terlalu serius justru unsur komedi dapat menyegarkan cerita tersebut, sehingga belum lama ini Kitty lebih suka menulis tokoh perempuan dewasa yang hidup dalam masyarakat urban dengan segala konfliknya.
Kinanti WP dan keluarga
Peran perempuan dalam dunia kepenulisan memang berandil besar, baik penulis pemula maupun profesional. Hal ini dianggap wajar oleh Kitty karena kemampuan berbahasa perempuan lebih unggul daripada laki-laki dengan menghasilkan kosakata tiga kali lebih banyak. Oleh karena itu, perempuan cenderung cerewet, sehingga kecerewetan itu dapat diubah menjadi sebuah karya. Terkadang menulis menjadi jembatan antara orang-orang yang sulit mengungkapkan kata-kata secara lisan dan memiliki kepribadian yang tertutup (introvert). Tiap penulis pun memiliki metode berbeda saat menulis. Kitty menggunakan metode sederhana, yakni saat muncul ide langsung diolah menjadi sinopsis, lalu dimasukkan dalam plot hingga akhirnya ditulis menjadi sebuah karya. Walaupun terkadang menemukan kebuntuan ide karena jenuh atau kurang riset, Kitty hanya perlu mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas lain, seperti menonton film baru, membaca novel, atau jalan-jalan.

Riset merupakan dasar kekuatan penulis agar karyanya berkaitan dengan kenyataan. Apabila tidak meriset, tulisan jadi tidak jelas dan mirip karangan bebas, apalagi bila menggunakan latar yang benar-benar ada. Tanpa riset yang memadai tulisan akan terasa kurang. Riset zaman sekarang sudah dipermudah melalui beragam fasilitas, antara lain buku, film, situs web video yang dapat dimanfaatkan untuk bahan riset. Artinya, menulis tidak lagi membutuhkan kertas karena penulis daring semakin bermunculan, seperti blog writer.

Salah satu karya Kinanti WP
"Aku juga menulis di blog sejak SMA dan beberapa wadah daring lain. Menurutku, keberadaan wadah daring itu menguntungkan karena cakupannya luas dan caranya cenderung lebih mudah, sehingga sangat baik bagi mereka yang baru mulai menulis karena seperti yang kita ketahui anak zaman sekarang sudah akrab dengan keberadaan gawai. Meskipun begitu, keberadaan buku tentu tidak bisa dihapuskan begitu saja. Buku itu penting karena nilai sejarahnya besar, walaupun secara praktik membutuhkan biaya yang cenderung lebih mahal. Keberadaannya harus tetap dijaga. Selain itu, wadah daring pun dapat meningkatkan minat baca dan gairah penerbitan buku hingga mulai bermunculan penulis-penulis yang berasal dari beragam wadah daring menerbitkan bukunya", imbuhnya di sela-sela wawancara.

Buku memang berperan penting dalam pengetahuan sebelum teknologi modern semakin berkembang. Hal ini dikarenakan pembaca menyukai hal-hal yang berkaitan dunia nyata. Maka dari itu, buku tersebut harus ada relasi dengan kehidupan sehari-hari agar dapat menghibur pembacanya. Sebab banyak orang yang memilih buku karena merasa sesuai dengan kepribadiannya, latarnya atau merasa cocok sebagai bahan bacaan, sehingga nilai keterkaitan itu penting.


Menulis dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana saja, dan kapan saja dengan rajin belajar. Belajar tidak harus di institusi formal atau seminar luring. Sekarang sudah banyak pelatihan, baik luring maupun daring, atau dengan memperkaya bacaan. Semakin banyak belajar semakin banyak membaca, maka tulisan menjadi lebih kaya dan dalam. Namun, jangan lupa bahwa nasib setiap orang berbeda karena jalan yang ditempuh dan usaha untuk menjemput impian pun berbeda. Jangan pernah membandingkan diri kita sendiri dengan penulis lain. Jadilah yang terbaik berdasarkan kemampuan sendiri. (afrk)

Profil: 
Nama: Kinanti Wiranti Putri
TTL: Jakarta, 26 November
Jenis kelamin: Perempuan
Email: kinantiwp@gmail.com

Pendidikan:
- TK Ananda UT (1993-1995)
- SD Dharma Karya UT (1995-2001)
- SMP Dharma Karya UT (2001-2003)
- SMA Labschool Cinere (kelas 1 & 2) & Private School (kelas 3) (2003-2006)
- STIKOM Interstudi (2009-2012)

Prestasi:
- juara 1 Puteri Citra Cilik 1995
- juara 3 Puteri Batik Nasional (kategori anak) 1995
- Iklan “susu bendera”
- Sinetron “Kau Selalu di Hatiku” Rapi Film (pemeran pembantu utama - anak)
- Sinetron “Si Doel” Karnos Film (figuran beberapa episode)
- Sinetron “SAR” Karnos Film (pemeran utama - anak)
- Sinetron “Usaha Gawat Darurat” Karnos Film
- Model Majalah Anggun

Karya:
- Novel “Being Remember” - Penerbit Leutika Prio
- Antologi memoar “Bangga Menjadi Ibu” - Bitread
- Antologi memoar “Diary of Love” - Stiletto Indie Books
- Antologi memoar “Jejak Cinta” - Stiletto Indie Books
- Antologi Puisi “Balada Sayap Pernikahan” - Stiletto Indie Books
- Antologi Puisi “Opera Hati Perempuan” - Stiletto Indie Books
- Antologi Puisi “Perempuan Indonesia Berpuisi” - Poetry Publisher
- Antologi Memoar “The Most Beloved Man” - Stiletto Indie Books
- Antologi Cerpen “Elegi Alia” - Penerbit Cloverline Creative
- Antologi Cerpen “A Hope” - Penerbit Cloverline Creative
- Antologi Kisah Inspiratif “Mengetuk Pintu Langit” - Bitread
- Antologi Cerpen “Rindu November” - Penerbit Cloverline Creative
- Antologi Cerpen “Desperate Housewives” - Penerbit Cloverline Creative
- Antologi Flash Fiction “Life is Yummy” - Stiletto Indie Books
- Novel “The Lady Escort” - KubusMedia Group

Media Sosial:
IG: @kinantiwp , @kinantikitty
Twitter: @kinantiwp
FB: Kinanti W Putri
Blog: www.kinantikitty.com
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.