ASYIKNYA MENULIS DENGAN CARA UNIK


Terkadang kita butuh waktu untuk menyendiri karena suatu hal sehingga membuat hati kita merasa nyaman melakukan hal tersebut. Pernahkah terlintas untuk memanfaatkan waktu menyendiri itu ke dalam hal yang positif? Kalau boleh saya jujur seringkali waktu menyendiri itu saya sia-siakan untuk hal yang tidak penting. Akan tetapi, saya mencoba untuk merubah waktu menyendiri saya ke bentuk yang positif. Ternyata, ada beberapa manfaat yang saya rasakan selama ini dan menjadi sesuatu hal dapat memotivasi diri sendiri lho!
Pertama, waktu sendiri saya gunakan untuk mengungkapkan isi hati saya dengan cara menulis puisi. Biasanya puisi yang indah itu juga tergantung dengan suasana hati dan pemilihan diksi yang tepat.
Kedua, selain menulis puisi. Saya gunakan untuk menulis sebuah blog yang berisi tentang curahan hati saya dengan perangkaian kalimat yang ringan dan mudah dipahami tetapi tetap terlihat manis menyentuh kalbu atau menulis artikel sederhana tetapi bermanfaat.
Ketiga, tak hanya itu saja, waktu menyendiri saya seringkali muncul di tengah malam hingga menjelang subuh. Di situ saya gunakan untuk memunculkan ide-ide liar saya merangkai sebuah cerita pendek. Eits, di sini saya menjadi tertantang. Sebab, banyak penerbit indie yang sering mengadakan event kepenulisan dengan berbagai macam. Dari rasa penasaran dan merasa tertantang itulah saya jadikan penyempurna waktu menyendiri saya. Ada rasa bangga yang tak pernah saya rasakan. Sebelumnya saya merasa sangat pesimis dengan keterampilan menulis saya yang super minimum. Tanpa disangka-sangka hasil tulisan saya sering masuk atau lolos dari event kepenulisan dari penerbit indie yang dibukukan. Apalagi dapat sertifikat dan penghargaan lainnya lho!
Keempat, waktu menyendiri saya yang paling bikin greget ini adalah ketika dilanda rasa malas. Waduh, di sini saya harus berusaha mencari teknik yang tepat untuk membangkitkan rasa menulis saya. Tentu, bagi saya yang menyukai drama komedi romantis akhirnya lari ke sebuah acara televisi yang ditayangkan di SCTV dalam serial FTV pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Oops! Dari situlah saya baru bisa merangkai ide dan mengusir rasa malas saya di waktu menyendiri dengan cara menonton FTV SCTV.
Hehehe.... Unik bukan? Pemanfaatan waktu sendiri yang sederhana. Namun, saya di sini ingin menyampaikan jika sebaiknya menulis itu dengan kasih yang tulus. Di mana hati yang lelah jika dijalani dengan tulus pasti tak akan mengalami kejenuhan ataupun hal yang membuat badmood. Wah, empat poin unik di atas semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam literasi gyus! (NJ)
***
Sumber gambar: Pixabay.com
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.