Batagor Cinta Rasa Kangen - FTV Kolaborasi JPI Maret 2018


Berbicara mengenai ide, tentu bisa datang kapan saja dan dimana saja. Akan tetapi banyak sekali ide-ide di luar sana yang kemudian menguap dan tidak pernah menjadi apa-apa. Untuk kesekian kalinya, saya Endik Koeswoyo mencoba berkolaborasi dengan sahabat-sahabat saya di Jaringan Penulis Indonesia. Seperti biasanya pula, setiap hari Sabtu saya menerima kiriman puluhan email berisi sinopsis untuk FTV dari para sahabat yang sudah tergabung dalam group whatsaap JPI.  Satu demi satu saya baca, saya pilah, saya kembalikan atau saya revisi sendiri sebelum akhirnya saya kirimkan ke kantor tempat saya biasa bekerja sebagai penulis skenario.

Batagor Cinta Rasa Kangen Tayang 7 Maret 2018 di SCTV

Sebulan lalu, ada sebuah sinopsis yang menurut saya masih sangat acak-acakan, akan tetapi si penulis yang bernama Rahmat Setiadi membuat satu karakter unik dengan memberi nama Beauty, dari nama karakter itulah sinopsis yang sebenarnya hendak saya kembalikan itu akhirnya saya rombak, saya ganti judul dan saya utak-atik. Dari judul semula "Cinta Beauty di Tahun Baru" saya rubah menjadi "Batagor Cinta Rasa Kangen" Saya perkuat karakter-karakternya, saya tambahin konflik-konflik agar semua karakter memilik peranan penting, saya berikan twist yang tidak terduga. Alhasil sinopsis tersebut diterima dan saya melanjutkan menuliskan scene plot, dari sinopsis 3 halaman, saya jadikan scene plot 12 halaman.

Seminggu kemudian, meeting bersama produser dan sutradara untuk membahas scene plot menjadi skenario. Nyaris tidak ada perubahan setelah meeting, hanya saja karekter Rendy tokoh utama cowok kita sepakati menjadi lebih "ngegombal". Batagor Cinta Rasa Kangen ini disutradari oleh teman saya, Angling Sagara yang saya ketahui sebelumnya adalah tim produksi atau astrada dari Fajar Bustomi. Karena ini FTV pertama Angling bersama Starvision, saya dan Angling sempat diskusi tentang beberapa "aturan dasar FTV SCTV" misal opening harus siang dan out door,  minimal 70% seting lokasi out door, dan hal-hal kecilnya yang lebih kepada aturan standar. 

Kemudian saya menuliskan skenario, dari sinopsis 3 halaman, menjadi scene plot 12 halaman harus saya kembangkan menjadi skenario 80 halaman dalam waktu 2 hari. Dan, semuanya selesai tepat waktu, karena saya pribadi selalu mengutamakan ketepatan, tepat waktu dan tepat pula menuliskan ceritanya, cepat tapi tidak tepat juga hasilnya nggak maksimal. Skenario pun selesai. Dan inilah hasilnya:

Poster Batagor Cinta Rasa Kangen


Sebuah ide yang ditulis oleh Mas Rahmat Setiadi ini menurut saya unik, bukan hanya cerita dalam skenario tetapi penulisnya juga unik. Rahmat Setiadi belakangan baru saya ketahui setelah beliau berkunjung ke rumah bersama istri dan putranya, beliau adalah seorang security di sebuah rumah sakit di Cikarang. Wow! Amazing, security bro!?? Saptam!?? Iyes... beliau adalah satpam, usianya sekitar 40-an tahun kurang dikitlah, tapi taukah anda? Batagor Cinta Rasa Kangen adalah sebuah FTV super remaja, dengan karakter utama Beauty adalah sosok 18 tahun baru aja lulus SMA.  Kenapa cerita di balik peroses pembuatan FTV ini saya tulis? Saya hanya ingin mengatakan ide bisa datang kapan saja, di mana saja dan dari mana saja. Bahkan seorang satpam mampu dan bisa membuat ide yang diterima masyarakat luas. Hasil tayangan membuktikan TVR dan SHARE mencapai 1,9/19,1 adalah hasil yang cukup tinggi untuk rating FTV yang tayang jam 10 pagi. 

Masih nggak percaya kalau satpam juga bisa nulis tentang remaja yang bisa bikin kamu baper habis?? Nih langsung aja nonton FTV Batagor Cinta Rasa Kangen... tinggal di klik aja.


Gimana? Serukan? Terus masih mikir gue kan nggak bisa nulis? Gue kan cuman remahan kerupuk? Aku kan cuman remahan renginang? Aku kan cuman butiran debu! Hello guys! Penulis itu kudu pede alias percaya diri. Boleh jadi Mas Rahmat cuman seorang satpam, tapi jangan salah, dia adalah satpam yang sedang mengejar gelar sarjana! Satpam hanya profesi, tapi kecerdasan otak? Ehm... penulis itu pinternya di atas rata-rata hehehe... Bisa jadi FTV berikutnya berjudul "Saptam Pinter Pujaan Hati" bisa jadi kan? 



Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.