SURILI HEJO By:Rafahlevi




         

Bab1 : JOJO..Oh..JOJO
“selamatkan teki-tekian!” jelas bukan teriakan perang yang bergemuruh seperti  “selamatkan Harimau!” tapi kita tidak bisa menyelamatkan Panda jika kita tidak menyelamatkan bambu yang merupakan makanannya. Tumbuhan memang akar kehidupan.
Begitu paragraph pertama bab IX dari buku krisis biologi yang lagi gue baca.
“woi!!” orang dibelakang gue nabrak dengan tumbukan maksimum sampe buku gue mental.
“Teki-tekian loncat” spontan mulut gue sinkron sama mata abis baca buku.
“anjr*tt!! Cowok apaan Lu? Latah!!” sewot Si ganteng kalem Ayesha sembari nendang bokong gue. Ayesha bestfriend gue dari SMA, kita ikut SNMPTN dan kerennya kita tembus di jurusan yang sama.
“Lo pikir rumput teki kodok bisa loncat?” lanjutnya lagi.
Gue yang baru bangun ngambil buku gue yang jatoh tadi nimpalin mulut monyongnya pake buku setebel 282 halaman itu biar mingkem.
“berisik lu!!” cibir gue sambil melengos.
Kaya jangkrik keinjek, suaranya tiba-tiba ngilang dan sunyi. berganti bisikan angin yang bikin geli-geli sejuk telinga gue karena rambut kribo gue terkibas-kibas manja. hari ini gue ngeliat kampus mendadak ramai riuh. Dan mata gue rasa-rasanya terkontaminasi banyak kaum hawa hari ini.
“apaan nih? hari ini ladies day ia Yes?” tanya gue ama si Ayesha.
Yang gue ajak ngobrol dah ngilang lagi aja. Melipir ke tukang jajanan roda mini pinggir jalan. Kalo lagi gitu si Ayesha yang playboy kampus gak da bedanya ma anak  SD. Betewe Ada apa ia hari ni? apa populasi cowok emang sebegini memprihatikannya, sampe gue ngeliat hampir semua orang disini isinya cewek. Buku yang sama masih gue tenteng. Gak dibuka lagi padahal tar siang bakalan di persentasiin di kelas. Gue tarik Cindy, cewek oriental yang suka gue dan Ayesha kudeta siomay udangnya kalo lagi bawa bekel ke kampus.
"Rasa siomay cici Cindy paling juara deh pokonya…” gombalan sakti Ayesha pas mulutnya keisi penuh siomay gratisan.
 Cindy tu badannya kecil tapi suaranya bus*t nyaring kaya drum minyak tanah kosong di agen deket rumah gue.
“ighhh…”katanya merengut sambil ngelepasin pegangan gue.
“ada apaan sih Sin? Rame amat ni cewek-cewek”
“Ada JOJO” katanya mesam mesem gembira.
“ya emang gue disini” jawab gue Pede.
“males Lu mah!! Jojo ini donk…” katanya sambil nunjukin foto dia bareng atlet terkenal itu. sebelum ngeliatin foto yang dimaksud, beraninya dia noyor jidat gue. Cindy buru-buru ninggalin gue takut kehilangan moment.
Ah..dasar wanita!! Emang belakangan ini gue punya pengalaman agak beda setelah Asian games yang terhelat secara akbar dan banjir prestasi beberapa hari kemaren. Ciwik-ciwik kampus yang ngakunya lagi syantik dan lagi pengen dimanjah itu pada mengelu-elukan nama gue. Seperti hari ini.
“Jojo… Jojo…” hysteria mahasiswi-mahasiswi dari segala jurusan.
Gue yang merasa dirumah dipanggil Jojo sama Emak, otomatis nyaut gitu aja…
“iya..iya kenapa??” sapa gue ke mereka dengan senyum lebar peps*dent yang menggetarkan pohon lengkeng samping kanan, bikin burung-burung gereja ngibrit dari dahannya. Tiba-tiba sebuah tempat pensil Pikachu warna pink nimpuk ke kepala gue.
“bukan Elo Sugijono!!” sewot Keiva si pemilik Pikachu pink.
“Pikachu kok warnanya pink…” ledek gue tengil.
“eeuughhhh…!!” katanya dengan ekspresi ambigu antara kesel dan gemes ngeliat gue.
“huuuww……” segerombolan nona-nona alay calon emak-emak labil masa depan ikut nyorakin gue. Wkwkwkwk…
Tiba-tiba aja tingkat ke-alayan mereka melonjak 400% saat Jojo yang lagi naik daun di tivi itu dateng ke kampus kita. Padahal palingan 10 menitan doank keliatan idungnya. Perut sixpeknya yang viral za ga diliatin lagi (kenapa kedengerannya gue ngarep ia..?) tapi ini kenyataannya Guys!! Imbas fenomena seleksi alam…  dari cewek suara sopran sampe cewek serak sember teriak-teriak histeris manggil-manggil Jojo. Mahasiswi yang sok cantik, yang asli cantik dan jauh dari cantik, semua khilap rasa malu. Yang biasanya banyak tingkah sama yang biasanya pendiem pasrah gak ada bedanya hari ini, semua bikin jengah cowok sekampus. Tapi pointnya adalah diantara barisan ciwik-ciwik Jomes “Jojo gemes” ada juga cowok yang histeris, jerit-jrerit macam banci jalan Sumatra dikejar Satpol PP. tu banci pada kemana ia sekarang, penasaran gue… hehehe. Just curious only. Wahai kalian yang di kertas absen masih terdaftar jenis kelamin cowok, plis!! jangan teriak-teriak juga, malu ama kucing…
“siaga satu ini mah kalo dia daftar di kampus kita, Bahaya mengintai” seru Ayesha yang baru nongol lagi dengan mimik muka serius dan kepedesan makan baso ikan siang-siang bolong.
“apaan bahaya?” tanya gue.
“stok cewek abis nempel dia semua Bro!!” kata Ayesha lagi. Mulutnya komat kamit ngunyah baso ikan yang panas kanan kiri- kanan kiri.
“emangnya dia muw ngampus??”tanya gue.
“gue denger sih dia dapet bea siswa rector..” mulutnya monyong-monyong maju mundur niup-niup sendiri.
“ah…Lu sih kapan juga dapet cewek serius di kampus..” sindir gue sinis. Gue duduk di bangku besi dibawah pohon rindang nan besar.
“gue sih gak khawatir… karena Milea gakan tergoda sebab dah punya gue..”
Ayesha narik baf di leher gue sampe nutupin semua muka gue yang tamvan ini.
“Milea!! Milea!!  Berasa Dilan Lu?!”
Gue cuman nyengir kaya sapi dengernya. Wajar aja Ayesha ketakutan, sebagai playboy cap peniti bengkok pamornya bakalan merosot tajam kaya harga saham di BEJ. Anehnya biar gonta ganti cewek, mangsanya takluk aja digombalin tu anak. Ditambah lagi tampang keren kaya Ayesha emang gak malu-maluin dibawa kondangan.  Standarnya ni anak  kebanyakan, semua cewek bisa bikin dia jatuh cinta, enteng banget PHPin anak orang. Jalan ma ini jalan ma itu. kalo bener yang diceritainnya kejadian, si Ayesha bakalan dapet saingan berat. Makanya heboh dalam senyap.
Kalo gue… everything is gonna be ok.. sejak 2 tahun lalu buat gue gak ada cewek yang lebih best dari Haira. Tepatnya Miss Haira. Miss Hai..dosen tercinta gue. 755 hari gue bergerilya mendapatkan cintanya, Kode-kode gue kirimkan dari kode keras sampe sinyal lemah gue jabanin. Tapi dia slow respon. Hati gue  dingin kaya freezer kulkas ibu di rumah. Tapi akhirnya tiga bulan lalu cinta gue bebas merdeka memiliki hatinya. Sayangnya gue mesti backstreet dari dunia yang kejam ini. Karena pacaran ma dosen favorit kaya Miss Hai ada syarat dan ketentuan berlaku. Buat gue gak penting juga kebanyakan orang tau, karena gue takut pemakzulan mengingat  gue sadar banyak kompetitor yang lebih mumpuni dari gue.
Apalah gue ini sekadar bubuk rengginang di kaleng kh*ngguan. Mahasiswa yang masih berusaha keras mempertahankan nilai IPK tinggi supaya beasiswa selamat sampai tujuan. Jangankan mobil mercy kinclong kaya Pa Randy, saingan berat gue, berangkat ngampus aja gue masih setia menunggu jejak si biru DAMRI yang tak lekang oleh waktu. semua masih gue rintis dari bawah dan gue gak punya apa-apa. Tapi Tuhan itu Maha Adil… Dia kasih Si Cinta buat katalisator kesuksesan gue. Yang paling penting bukan pengakuan orang lain tapi pengakuan si cinta. Uuughhh…so idealis!!
Dosen cantik nan sadis itu akhirnya mengakui takut kehilangan gue pas di atas Semeru. Waktu itu kita ada ekspedisi pendakian Gunung Semeru dari kampus dalam rangka ulang tahun Kampus. Ga gue sangka ada si cinta di list team. Disitu saya  merasa senang… rasa takjub gue makin bertambah karena dia bukan cewek menye-menye kaya gerombolan yang tadi baru aja lewat.
Ceritanya, waktu itu gue terpisah dari team karena kelalaian Ayesha, kita  baru sampe di post menjelang dini hari besoknya. Menuju ke post gue ngeliat Haira mondar-mandir sendirian. Gue langsung manggil dia, keliatan mukanya yang cantik sedikit layu, mungkin kelelahan, kedinginan, tapi belakangan gue tau dia nangis karena gue gak nyampe-nyampe. Haira langsung lari meluk gue sambil sesenggukan awalnya gue kira cekukan gak taunya nangis karena takut gue kenapa-kenapa. Uuughhh…so sweet Bray!!!  Jackpot banget gue! Detak jantung gue yang melemah langsung kenceng lagi. Ayesha melongo gak bisa komen, selama ini dia nge-ceeingin gue doank karena terlalu idealis ma cinta sejati. Dia cuman nepuk pundak gue mantap sambil ngeloyor ke post. Itulah moment pertama kalinya gue berani menatap mata dosen gue ini lama-lama. Ahayyy…
“Butuh kehilanganmu di Semeru buat bilang I luv U” lumayan tuh buat judul FTV Senin pagi, tar gue sodorin Bung Endik Koeswoyo penulis skenario terkenal yang sering muncul di timeline IG gue akhir-akhir ini. Bingung gue kenapa bisa begitu, gue aja gak kenal. eeehhh…taunya Si Marin adik bontot gue stalking dia dan ngelike tiap postingannya pake akun gue. Beuuhhhh....(tepok jidat). Anaknya cengar-cengir aja pas gue tangkep basah. Gegara sekalian stalkingin mantannya dia ngusik privasi gue sekarang. Bingung gue ma ABG sekarang. Tapi kok Si Marin tertarik nulis ia? Hobi gitu ngikutin update-annya IG orang yang dia panggil “Om endik” gue kirain tu anak doyan nulis, taunya katanya doyannya GGS (Ganteng-Ganteng Serigala) waduh…!!! Ga ngerti gue, nyerah!!
Sejak kejadian sunrise di Semeru waktu itu keyakinan gue sama sabda Emak dirumah bertambah. Mun keyeng pasti pareng. Ibu tuh selalu bilang begitu. Soal apapun; sekolah, kerja, kabogoh… kalo usaha kita serius, cepat atau lambat kita pasti dapet yang kita mau. Cuman dilemanya punya pacar dosen sendiri adalah ketika profesionalisme menjajah perasaan kita. Pas tugas gue belon kelar, Haira marahin gue di kelas itu rasanya sakit sampe ke ulu hati. Harga diri gue sebagai cowoknya berasa kempes keriput gitu aja. Palingan malemnya pas kita jalan Haira akan minta maaf dan berusaha mengeluarkan jurus andalannya diem cemberut balik marah karena gue baperan ga mau maapin dia. Malahan jadi gue lagi yang salah. Gue yang minta maaf, Dan gue kalah lagi…  yah gitulah  Cewek emang pinter bikin cowok mati gaya.
Mata gue yang tadinya adem liat pinus tinggi di seberang sono, mendadak kaya kecolok bunga pinus yang lagi mekar. Si Ayesha dah curi start duluan ngetawain gue puas. Sekitar 200 meter dari tempat gue duduk cewek gue keluar gedung rektorat dengan wajah sumringah bareng cowok yang dari tadi diwoworin Cindy dan bala tentaranya. Senyum Hairani ngembang banget kaya cake kebanyakan telor.
“hahay… noh!! Miss Hai aje klepek-klepek… ga percaya gue sih Lu…” Ayesha kedengeran puas banget nyukurin gue.
“wahh… mesti di skakmat ini mah ” celetuk gue sambil jalan nyamperin mereka. Di tengah taman gue ketemu Cindy lagi. Tangannya dah nenteng lagi aja.. sshhttt!!!  Dalam 2 detik kantong kertas coklat isinya nasi ayam r*chess ma strawberry milk pindah ke tangan gue. Mulutnya dah mangap aja muw teriak “ayam gue!!!” tapi keburu gue tempelin duit 50ribu suara jengernya masuk lagi. Gue lanjutin langkah ke gedung rektorat.
“ kurang…”
Mata gue mendelik, nengok kebelakang.
“Ongkosnya??”
 Parah ni si Cindy, otak dagangnya gak ilang biar kuliah jurusan biologi.
“ketemu lunas!” teriak gue gak kalah cerdik.
Selewat gue liat mulutnya dimancungin sambil komat kamit pergi.
Gue liat si Jojo ‘viral’ makin akrab aja ngobrol ma Haira. Otak gue dah kemana-mana, posessif duluan.
Ga nyangka ia kamu dosen… kalo dosennya kaya kamu sih aku betah kuliah disini… kita makan siang bareng gimana… dah punya cowok lum… gimana kalo kita tukeran no hp, siapa tau da perlu satu saat… 
waaahhh modus semua tuh!!!
“hai Jo!!” sapa gue agak dikencengin suaranya.
Jojo ‘viral’ dan si cinta kesayanganku noleh gue agak kaget. Tapi Jojo ‘viral’ angguk ramah ngasih senyumnya, ini nih yang bikin ciwik-ciwik mati berdiri. Senyum jojo yang manis.
“pa kabar Bro?? selamat ia.. kemaren itu keren banget Jo… sumpah!!!” kata gue sok akrab sambil jabat tangan dan pelukan bahu.
“tengkyu…tengkyu mas…”katanya sopan.
“sukses terus Bro!! Nama kita sama Jojo..”
“makasih Mas..” katanya angguk-angguk
Haira masih merem melek liat gue.
“Yang… jangan lupa makan siang ia…” kata gue diromantis-romantisin sambil nyodorin makan siang yang gue dapet dari Cindy tadi. note : thanks to Cici Cindy
Mata Haira yang cantik itu agak ngegedein dikit saking terkesimanya ma aksi tengil gue yang terjangkit cemburu. Ada senyum geli gue tau. Haira cuman ngangguk sekali terus ngelirik Jojo ‘viral’ yang lagi melongo. Abis itu gue pamit ma mereka karena muw ada kelas. Gue pun melenggang kangkung dengan gagahnya. Elegant banget kan cara gue save my girlfriend.
Jojo…oh..Jojo 

bersambung.. 

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.