4 Tempat Wisata Cokelat yang Patut Dikunjungi Para Chocoholic

KABAR JPI - Anda penggemar cokelat? Berikut ini adalah 4 Tempat Wisata Cokelat yang Patut Dikunjungi Para Chocoholic.


Kampung Cokelat

Kampung Coklat - Blitar

Di daerah Plosorejo-Blitar ada sebuah tempat wisata yang dinamakan Kampung Cokelat. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat banyak sekali varian cokelat. Mulai dari permen cokelat hingga minuman cokelat. Bagi pecinta cokelat, tempat ini merupakan salah satu surganya cokelat. Bagaimana tidak. Tempat wisata yang berada di jalan Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kec. Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur ini mengusung tema serba cokelat. Aroma cokelat semerbak menghiasi hidung ketika pertama kali tiba di Kampung Cokelat.
Di depan tiket masuk kita bisa melihat area penjemuran cokelat di depan mata. Hamparan kebun cokelat ditata sedemikian rupa dan terdapat beberapa outlet yang menyediakan aneka olahan cokelat seperti ice cokelat, ice cram cokelat bahkan mie cokelat juga ada di sini. Selain makanan dan minuman serba cokelat, kita juga bisa menikmati refleksi ikan, panggung hiburan  dan berwisata edukasi di tempat ini. Karena Kampung Cokelat menyediakan beberapa paket wisata edukasi bagi pelajar maupun umum serta panggung hiburan setiap akhir minggu.
Harga yang ditawarkan beraneka ragam. Mulai dari harga Rp 5.000,00 hingga Rp 65.000,00, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan para pesertanya. Pembelajaran diberikan setiap hari Senin-Jumat jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Adapun yang bisa kita pelajari di sana antara lain yaitu budidaya cacao dimulai dari pembenihan, panen, paska panen hingga pengolahan cokelat. Selain itu, ada beberapa paket edukasi yang mengajarkan peserta untuk mencetak cokelat, menghias cokelat sampai packing cokelat yang sudah jadi. Peserta juga diperbolehkan membawa cokelat yang mereka buat disana.



Chocomory Factory Shop

Chocomory Factory Shop - Bogor

Chocomory. Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Puncak KM 67 ini menyuguhkan kelezatan produk cokelat pilihan yang berkualitas. Anak perusahaan PT Cimory ini didirikan di Bogor pada tahun 2002. Bangunan pabrik didesain sedemikian rupa agar menarik untuk dilihat. Bagian depan dibuat menyerupai rumah kue dengan berbagai macam hiasan. Sekilas mirip dengan rumah kue pada cerita Hansel and Grettel.
Setiap cokelat dibuat dari gourmet chocolate yang berasal dari Belgia. Kita tahu jika Belgia adalah salah satu negara yang menghasilkan cokelat terbaik dan selalu menjaga kualitas dari cokelatnya. Aneka macam cokelat dijual di sini. Mulai dari chocolate bar, matcha bar, chocolate covered, chocolate praline dan ada juga countline/snack cokelat.
Di pabrik ini, pengunjung tidak hanya menikmati sensasi berbelanja produk cokelat. Tetapi  para pengunjung juga disuguhkan pengalaman langsung membuat cokelat, melihat bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan cokelat serta memperhatikan kebersihan pabrik dan para pekerjanya.


Pod Chocolate
Pod Chocolate - Bali


Pod Chocolate yang terletak di Jalan Tukad Ayung Carangsari, Petang, Kabupaten Badung-Bali adalah salah satu wisata cokelat di Bali. Saat mengunjungi Pod Chocolate, kita akan diajak untuk berpetualang menyusuri keseluruhan proses pembuatan cokelat. Dimulai dari pod (buah kakao) sampai menjadi berbagai macam olahan cokelat. Pemandu tur akan memulai perjalanan dari perkenalan pohon kakao, mengelilingi pabrik pengolahan cokelat lalu mencetak cokelat dengan bentuk gajah yang hasilnya bisa dibawa pulang ke rumah. Selama mengikuti tur, kita juga bisa mencicipi cokelat. Dari kakao mentah hingga yang sudah dipanggang.
Kita bisa mengunjungi Pod Chocolate di setiap harinya. Dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore dan dimulai setiap jam nya selama 2 jam. Tarif yang dikenakan relatif mahal. Untuk dewasa $45 dan anak-anak di bawah 12 tahun $25. Setiap tur dibuka dengan minimal 2 peserta. Dengan harga tersebut, kita sudah mendapatkan fasilitas transportasi antar jemput ke hotel, tiket masuk ke Pod Chocolate di Bali Elephant, welcome drink yaitu chocolate shot, mencicipi kakao dan cokelat selama tur berlangsung serta membuat 14 cokelat dalam bentuk gajah. Selain mengikuti tur cokelat, kita juga bisa memilih makan siang di cafe, menikmati ice cream, membawa pulang cokelat, wisata gajah atau mengikuti kegiatan lain yang disediakan di Pod Chocolate.


Toko Cokelat
Toko Cokelat - Bandung


Bandung. Memang benar terkenal akan wisata kulinernya. Dan bagi para chocoholic, Toko Cokelat Bandung ini adalah surganya cokelat. Toko yang dibuka setiap hari pada jam setengah delapan pagi hingga jam setengah delapan malam ini terletak di Jalan Cimanuk No 5 Bandung. Wisata berbelanja yang disuguhkan membuat para pengunjung ingin membawa pulang seluruh cokelat yang ada di toko ini. Pertama memasuki area toko kita sudah bisa menghirup aroma semerbak dari cokelat. Kemudian di dalam toko kita disuguhkan dengan berbagai macam bentuk serta warna dari cokelat yang dipajang.
Di Toko Cokelat dijual cokelat praline dalam berbagai bentuk dan rasa. Setiap potongan cokelat praline dibungkus dengan kertas perak sehingga menambah eksotikanya. Cokelat tersebut dapat dinikmati dengan beberapa rasa yang berbeda seperti rasa kopi, rum, blueberry, original, vodka dan lain sebagainya. Harga per bijinya cukup murah. Berkisar antara Rp 4.500,00 hingga Rp 6.500,00.
Produk unggulan di sini diberi nama Cokelat Inbox dengan sekitar Rp 17.000,00. Cokelat ini berbentuk kotak dengan ukiran kata cokelat di atasnya. Dibuat dari roti kukus yang diselimuti 2 lapisan cokelat tebal. Di dasarnya adalah lapisan cokelat putih beku dan di luarnya adalah selai cokelat. Selain produk cokelat praline berbagai bentuk, toko ini juga menyediakan ice cream beraneka rasa. Namun, rasa yang dominan tetaplah ice cream chocolate dengan harga sekitar Rp. 15.000,00.
Tempat ini menyajikan dua suasana cafe yaitu outdoor dan indoor. Terserah kita ingin menikmati cokelat dengan suasana di dalam ruangan yang penuh cokelat atau menikmati cokelat di luar ruangan dengan pemandangan orang yang berlalu lalang.



Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa - Jakarta Selatan

Jakarta Selatan memiliki salah satu tempat yang patut dicoba oleh para chocoholic yaitu Pipiltin Cocoa. Surga para chocoholic ini menawarkan wisata cokelat dengan konsep ‘Bean to Bar’. Jadi, para pengunjung dipersilahkan melihat proses pengolahan biji cokelat hingga menjadi berbagai kreasi desserts. Untuk proses pembuatan cokelat dilakukan di lantai 1 gedung ini dan lantai 2 adalah dinning area. Lantai 2 dibuat menyerupai gua suku Aztec dengan suasana yang tetap nyaman dan luas.
Berbagai jenis kakao terbaik di Indonesia bisa dinikmati di tempat ini. Ada bentuk bars and tubos, praline, cakes, macaron, cookies and platted desserts yang ditampilkan dengan sangat menawan. Menu yang patut dicoba adalah Tabanan Chocolate. Terbuat dari olahan biji kakao asli Tabanan-Bali yang dibentuk menyerupai ombak dengan tambahan chocolate caviar jelly, chocolate foam, milk clouds, poprocks berselimut cokelat serta menggunakan chocolate fondue. Selain itu, Egg No juga bisa dicoba sebagai pelengkap di sini. Egg No merupakan sajian white chocolate panna cotta dengan fillings mangga dan passion fruits yang jika dibelah maka fillings tersebut
Pipiltin Cocoa terletak di Jalan Barito 2 No 5, Kebayoran Baru-Jakarta Selatan. Kita bisa datang ke tempat ini setiap harinya pada jam 11 pagi sampai 10 malam untuk hari kerja dan jam 11 pagi hingga 11 malam di akhir pekan. Serukan? Nah, lain kali akan kita ulik satu per satu secara detail ya. (PIT)



***
TENTENG PENULIS
Pipit Dwie Putri. Freelancer. Domisili Bondowoso, Jawa Timur. Bisa dihubungi via facebook (Pipit Dwie Putri) atau Twitter (@pipitdwieputri)
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.