Tentang Jaringan Penulis Indonesia


Jaringan Penulis Indonesia adalah media awal untuk membangun komunitas penulis dari Indonesia yang ada di seluruh penjuru Dunia. Situs ini sifatnya tertutup untuk umum dan hanya mereka yang konsisten dalam dunia tulis-menulis yang bisa bergabung dalam grup ini. Syarat utama untuk bergabung adalah sudah pernah menulis buku, novel, komik, skenario, berita di media koran, majalah dan lain sebagainya yang telah diterbitkan secara nasional baik itu cetak maupun elektronik. Syarat lainnya adalah sudah memberikan kontribusi dengan aktif menulis yang positif, membimbing penulis pemula dan mau dibimbing sesama anggota. Dan tak kalah penting bahwa tulisan yang ada di blog JPI adalah original, bukan plagiat apalagi menyalin tulisan orang lain, termasuk menyalin dari blog pribadi. Intinya, penulis JPI dituntut untuk aktif dan kreatif.



Penulis, sebuah kata yang cukup mengandung banyak kontroversi. Siapa sebenarnya orang yang patut menyandang gelar sebagai penulis itu? Apakah mereka yang menulis terus-menerus atau mereka yang menulis tapi disimpan, seperti diary atuau buku harian, ataukah mereka yang menulis lalu dipublikasikan di koran kampus? Atau siapa sebenarnya penulis? Bagaimana dengan mereka yang rajin menulis di blog atau di web lain? Apakah mereka bisa dibilang sebagai penulis?

Sebenarnya bukan siapa atau apa penulis itu. Tapi bagaimana orang-orang yang mencintai tulisan, bagaimana orang yang pandai menulis dan menyusun kata-kata itu bisa hidup bahagia. Bahagia secara jiwa dan raga. Dalam hal ini, saya pribadi ingin mengutarakan sebuah unek-unek dalam hati untuk para penulis siapapun anda wahai penulis, mari kita membentuk sebuah komunitas, sebuah jaringan atau apapun namanya yang terpenting kita mempunyai wadah untuk kegiatan yang mendukung sebuah kata yang kita sandang tanpa kita minta disebut ‘penulis’.

Logo Jaringan Penulis Indonesia
Jika penerbit punya IKAPI, artis punya PARFI, lalu penulis punya apa? Untuk sementara, mari kita bentuk sebuah jaringan yang nantinya akan membahas soal kelangsungan dari pada kelompok yang ingin kita buat tersebut. Sekedar menampung keingian dari beberapa gelintir penulis di DIY, maka untuk sementara kita akan membentuk JPI -Jaringan Penulis Indonesia- yang dalam pembentukan awalnya kita lakukan di Jogjakarta, karena di Jogja banyak sekali penulis yang belum terwadahi secara organisasi untuk kemudian bisa dibentuk dari lingkup lokal ke nasional.

Anda penulis dan ingin bergabung dengan JPI? Atau anda baru belajar menulis? Jaringan Penulis Indonesia adalah sebauh wadah untuk belajar bersama, "Jaringan Penulis Indonesia adalah milik bersama untuk belajar bersama-sama".

Semoga sebuah gagasan ini bermanfaat untuk kita semuanya. SEKALI LAGI, INI MASIH GAGASAN DAN MASIH SANGAT MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA SEMUA. Amin.

Info Lebih Lanjut:
email: jaringanpenulis@gmail.com
twitter: @jaringanpenulis
instagram: @jaringanpenulis
facebook : Jaringan Penulis Indonesia 

Silahkan bergabung dengan JARINGAN PENULIS INDONESIA DI FACEBOOK atau klik ini biar tidak penasaran!
Ingin Jadi Kontributor JPI, Ini Dia Syaratnya
Mau Tahu Cara Menulis di Blog JPI



Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.