Nagita, Penulis dan Relawan Yang Menyenangkan




Enerjik, riang, lucu dan penyemangat, begitulah sosok Nagita. Gadis kelahiran Jakarta 25 tahun silam ini, di sela-sela kesibukannya sebagai karyawan salah satu bank terbesar di Inodnesia, tetap meluangkan waktu untuk menulis. Sampai saat ini, sudah 6 novel yang ditulis olehnya. 1 novel ditulis secara keroyokan dengan beberapa penulis lain, sisanya, buah tangan Nagita sendiri. Terakhir, novelnya bergenre Fanfiction (selanjutnya disingkat FF) dengan judul Ribbonized, diterbitkan oleh Grasindo pada 2017 lalu.
Nagita sudah akrab dengan dunia kepenulisan sejak masih kuliah. “Lumayan, buat nambah uang jajan pas jaman kuliah,” Akunya. Nagita bisa lebih semangat menulis saat mengenal genre FF pada 2011 lalu dan saat itu pula dirinya tengah menggandrungi boyband asal Korea Selatan, Super Junior. “Mulai rajin nulis karena FF itu, pas kenal sama Super Junior 2011 lalu. Tapi sebelumnya, udah suka bikin cerpen sama dialog-dialog bergambar,” terang Nagita yang amat menggemari novel-novel karya Julia Quinn. 

Nagita ketika mengisi workshop menulis novel

Berawal dari keinginan untuk memprotect karyanya yang sering Nagita bagikan di media sosialnya dan kerap kali diplagiat oleh pihak tak bertanggung jawab, maka Nagita pun mulai berpikir untuk menerbitkan novelnya di penerbit agar lebih terlindungi hak ciptanya.
“Awal boomingnya FF waktu itu banyak banget kasus plagiarisme dan copycat. Aku kena juga. Dari sana, mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya memproteksi karya kita. Nggak ada dong yang anak-anaknya mau diambil? Jadi, aku ajuin ke penerbit supaya dilindungi hak ciptanya.”
Menulis, bagi Nagita, adalah media untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya, juga, sebagai sarana untuk terus merawat kewarasan. Ketika ditanya suka duka menulis novel, dengan ringan Nagita menanggapi sambil berkelakar “Pahitnya, Alhamdulillah nggak ada. Paling, efek samping dari duduk lama aja. Karena menulis itu, benar-benar having fun buat aku dan untuk menjaga kewarasan.”

Menjadi Relawan Bagi Anak-anak Kurang beruntung 

Nagita dengan Jendela Jakarta

            Di luar rutinitas kerja dan hobi menulisnya, Nagita mengisi waktu luang dengan bergiat di komunitas Jendela Jakarta sebagai volunteer. Komunitas yang fokus pada pengembangan pendidikan dan mental anak, terutama bagi mereka, anak-anak kurang beruntung di sekitar Manggarai, Sungai bambu dan Serpong.


 Nagita sedang mengajar anak-anak di Komunitas Jendela Jakarta

Nagita mengaku sangat menyukai anak kecil. Jendela Jakarta baginya adalah komunitas yang pas dengan passionnya. “Asyik aja, belajar sabar dan mengenal lebih banyak karakter. Kesulitannya mungkin kalau anak-anak itu susah diatur. Namanya juga anak-anak,” ujar gadis penyuka soto dan sop iga ini. 

 Nagita dan tim andante sedang reading script

Belajar Menulis Skenario
Dengan segudang kegiatannya, Nagita masih menyempatkan diri untuk belajar menulis skenario. Bersama timnya, Andante, Nagita tengah menggarap film pendek yang ide cerita dan skenario ditulis olehnya sendiri. “Aku belajar nulis skenario pake contoh skenario drama korea….” Aku Nagita.
Terakhir, Nagita memberikan tipsnya kalau tulisan kamu mau tembus ke penerbit. “Rajin searching apa syarat-syarat yang dibutuhin penerbit, seperti ketentuan font, jumlah halaman, dan genre atau tema apa yang dibutuhkan penerbit. Siapkan mental, kalau ditolak ya coba lagi. Coba terus. Lagi, dan lagi.” (Syakki)

BIODATA 
Nama lengkap : Nagita Yuanita Wadi
Nama Pena      : Yuanithe
Tempat tanggal lahir: Jakarta, 4 desember 1993

Pendidikan
1999-2005 SDN Kota Baru IX
2005-2008 SMPN 13 Bekasi
2008-2011 SMAN 2 Bekasi
2011-2015 Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung

Karir
2016-sekarang : Karyawan Swasta di PT. Bank Central Asia Tbk.

Karya
Diterbitkan oleh Cable Book (2012-2015)
1.      Dew (4) Seasons
2.      Wonder Boy (as project leader bersama 14 penulis lainnya)
3.      US (Cause I Without You, Am Nothing)
4.      Jeju, I’m In Love
5.      The Love, Dew (4) Seasons sequel

Diterbitkan oleh Grasindo (2017) 
6.      Ribbonized. 

S     Sosial media 
      IG : @Ladyyuanithe
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.