Makin keren! Instagram Punya TV, Yuk Bikin Channel Sendiri

Tingginya minat masyarakat terhadap kehadiran platform layanan jejaring sosial membuat perusahaan teknologi raksasa, seperti facebook, google, youtube, dan instagram terus menghadirkan fitur-fitur terbarunya.

Kini, hampir seluruh media sosial ternama memiliki fitur live untuk memudahkan interaksi secara langsung antar pengguna. Tambahan layanan komentar yang disediakan dalam fitur live menjadikan platform tersebut semakin disukai.

Pada akhir Juni 2018, platform berbagi foto dan video, Instagram baru saja menghadirkan fitur terbarunya bernama Instagram TV (IGTV). Layanan ini merupakan penyempurnaan dari fitur insta story dan insta live yang telah hadir sebelumnya. Meskipun IGTV belum memunculkan layanan live-nya, namun melalui IGTV, para pengguna bisa menyiarkan video dengan durasi lebih panjang dari insta story yang hanya 15 detik saja. Di Instagram TV, para pengguna diberi keleluasaan untuk mempublikasikan video favoritnya dengan durasi minimal 15 detik dan maksimal 10 menit.
Kehadiran fitur IGTV sudah pasti membuat penggunanya senang karena bisa berbagi video lebih lama. Sebagian pengguna mulai membandingkan fitur IGTV dengan youtube yang sudah populer dengan saluran tv dengan durasi tanpa batas. Namun, ternyata tetap saja ada perbedaan antara IGTV dengan youtube.

Perbedaan Youtube dengan IGTV  
Kedua layanan berbagi video ini hadir untuk memberikan tempat bagi para pengguna media sosial yang senang berbagi video-video menariknya. Tapi, tentu ada perbedaan antara keduanya. Tampaknya, kedua media sosial tersebut mulai menentukan pasarnya sendiri. Tak mau meniru fitur telivisi digital yang sudah dikembangkan selama puluhan tahun oleh youtube dengan format tayangan video horizontal dengan aspek rasio 16:9,  IGTV justru hadir dengan tampilan dan format berbeda. Jika video youtube hadir dengan aspek rasio 16:9, maka IGTV berani menampilkan tayangan video  berformat vertikal dengan aspek rasio 9:16. Perbedaan aspek rasio ini jelas mempengaruhi ukuran video saat dipublikasikan.
  Tampilan video di youtube dengan aspek rasio 16:9

Tampilan video di IGTV dengan aspek rasio 9:16
Jika koleksi video di ponselmu memiliki rasio 16:9, maka  IGTV akan membuat videomu terpotong sisi kiri dan kanannya. Gambar yang harusnya enak dlihat juga tampak lebih besar dan tidak proporsional. Hal ini secara otomatis membuat video tak tampak sempurna. Namun, jangan khawatir, video rasio 16:9 tetap bisa tayang sempurna di IGTV, dengan cara mengubah formatnya terlebih dahulu ke rasio 9:16 dengan aplikasi edit video yang tersedia di platform distribusi digital App Store dan Google Play.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk menampilkan video vertikal dengan tampilan horizontal di IGTV adalah dengan menginstal aplikasi Filmmaker Pro.

Cara Buat Channel Sendiri di IGTV
Jika youtube memberikan kesempatan penggunaanya untuk membuat saluran tv digital sendiri, maka Instagram TV juga menyediakan hal yang sama. Melalui fitur IGTV, penggunanya bisa membuat saluran (channel) tv digital sendiri. Jika ingin membuat channel di IGTV, ikuti langkah ini:

  1. Buka halaman depan akun instagram
  2. Klik fitur berwarna oranye di pojok kanan atas
  3. Klik menu pengaturan di sisi tengah bagian kanan. 
  4. Klik Create Channel, klik Next sampai muncul kembali pilihan Create Channel di tampilan akhir.
  5. Channel IGTV otomatis akan tampak di sisi tengah kanan. 
  6. Masukkan video keratifmu dengan menekan tanda plus (+) di sisi kanan layar ponsel. 
  7. Pilih video yang akan ditayangkan dari koleksi video yang tersimpan di ponsel. Ingat! video yang bisa ditayangkan di IGTV adalah video dengan durasi minimal 15 detik dan maksimal 10 menit.
  8. Tuliskan judul dan ceritakan apa isi video kamu. Edit tampilan depan (cover) sesuai pilihan yang bisa ditarik dari video maupun dari foto yang ada di galeri foto ponselmu. 
  9. Tunggu sampai video terkirim sempurna hingga 100%. Jika sudah, maka video di channel IGTV sudah bisa dilihat oleh penonton.
  10. Video yang diunggah IGTV juga menyediakan layanan suka (like), komentar (comment), dan pesan (direct message).  
  11. Fitur IGTV akan tampil secara otomatis di halaman depan instagram.
Nah, sekarang channel IGTV sudah siap mengudara. Kamu pun bisa berbagi video bermanfaat dan kreatifmu dengan durasi yang lebih panjang. Selamat bersiaran di IGTV, ya! (DF)

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.