IKLAN

Gadis Asal Kota Bunga yang Menyukai Dunia Menulis Sejak Dini


Nikmatus Sholikhah, seorang gadis kelahiran Bojonegoro yang lahir ke dunia sejak 23 Oktober 1992. Dia besar di kota Bunga, Malang bersama orang tua dengan lima saudaranya yang sangat kental dengan agama. Kini dia berprofesi sebagai Reporter berita di Tv Berita ternama yaitu Tv One sejak akhir 2014. Sebelumya dia adalah Reporter Dews Daily, namun saat ini ia sebagai Reporter di program Deep News yaitu FAKTA Tv One. Selain itu, dia juga sibuk dalam berbagai kegiatan sosial seperti ikut dalam Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia, dan menjabat sebagai Presiden KJB Indonesia periode 2019-2021. Dengan ikut komunitas, tak jarang dia diundang menjadi moderator dan pembicara terkait dunia Jurnalistik dan karya tulis. Sifatnya yang ramah, aktif, energik dan selalu ingin tau hal-hal baru serta mengedepankan nilai-nilai ke-islaman dalam hidupnya adalah buah dari pola asuh orang tua yang kental dengan nilai religius serta pola pendidikan tradisional Jawa.

Sejak kecil dia termasuk anak yang sangat rajin membaca buku. Karena keaktifannya dalam membaca buku di masa sekolah, dia mendapat julukan “Siswa Tersering Memasuki Perpustakaan” dari sekitar lebih dari 1000 siswa saat ia menduduki bangku SMP. Menurut wanita yang berkulit bersih ini, membaca adalah basic dari kita menulis, untuk menambah kosa kata. Selain itu, dia juga pernah menjadi ketua OSIS dua kali periode berturut-turut yaitu kelas X dan XI SMA dan rajin mengikuti ekstrakurikuler Jurnalistik, "Dengan mengikuti ekstrakulikuler Jurnalistik, kemampuan menulis saya semakin terasah dan saya juga sempat beberapa kali menang dalam kejuaraan Jurnalistik di tingkat kota pada masa itu," ucapnya di sela-sela wawancara.

(Nikmatus Sholikhah saat mengisi acara Komunitas Jurnalis Berhijab, memeriahkan perayaan World Hijab Day)

Nikmatus Sholikhah yang sering disapa Nicmah lulus dari Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2014 jurusan Ilmu Komunikasi. Di sela kesibukan kuliahnya, ia juga suka mengikuti berbagai lomba karya tulis ilmiah dan dunia Public Relation hingga memiliki banyak prestasi. Beberapa prestasinya yaitu menjadi Juara 1 Kompetisi Kepenulisan Essay di Universitas Muhammadiyah Malang, ajang RECTOR 2012, bidang ke-Ilmuan, Juara 1 tingkat Nasional pada ajang kompetisi pembuatan proposal Public Relation bertajuk  “Marketing Public Relation STRATEGIC BLAST”  , Festival Komunikasi di Universitas  Multimedia Nusantara (UNM), Serpong Jawa Barat pada tahun 2013. Kemudian lewat karya tulis ilmiahnya, dia pernah mendapat beasiswa dari Direktorat Jedral Pendidikan Tinggi Indonesia atau DIKTI yaitu PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Ia juga pernah menjadi Reporter Koran Kampus selama lebih dari satu tahun pada awal masa kuliahnya.

Kemudian Nicmah menceritakan bahwa ia sangat menyukai dunia tulis menulis, karena dengan menulis ia bisa meluapkan berbagai perasaan di hatinya. Sehingga dari situ ia mulai asik dengan dunia tulis menulis mulai dari menulis artikel, naskah berita, karya tulis ilmiah hingga proposal public relation. “ Dengan gemar menulis, skripsi saya jadi cepat terselesaikan. Saya hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan tulisan skripsi saya sehingga saya bisa lulus kurang dari empat tahun,” pungkasnya.  

(Nikmatus Sholikhah saat liburan ke Osaka Castel, Jepang 2017 )


Dibalik berbagai aktivitasnya yang padat, nyatanya wanita yang suka dengan negara Jepang ini, masih memiliki sebuah keinginan yang belum tercapai di masa lajangnya saat ini. Nicmah memiliki keinginan yang sangat sederhana dari semua pengalaman hidup yang tidak sederhana. Ia ingin menjadi istri yang shaliha, baik, cerdas serta menjadi ibu berkualitas untuk anak-anaknya kelak. Ia juga ingin menjadi wanita yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam hidupnya, sehingga jika suatu saat dia telah tiada di dunia ini, orang-orang bisa mengingatnya dengan berbagai kegiatan positif yang ia upayakan untuk orang lain.

"Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika kamu yakin kepada Allah dan tak pernah menyerah untuk mendapatkannya ...." Ituulah prinsip gadis pengagum karya sastra Buya Hamka dan karya filsuf Jalaluddin Rumi tersebut. (Anis)

PROFIL
Nama : Nikmatus Sholikah (Nicmah)
TTL : Bojonegoro, 23 Oktober 1992
Jenis kelamin : Perempuan
Email : nicmah21@gmail.com
Instagram : @nicmah_sholiha

PENDIDIKAN
- SD N Dinoyo 2, Kota Malang
- SMP N 13 Malang
- SMA Muhammadiyah 1, Kota Malang
- S1 Universitas Muhammadiyah Malang
- Kursus Internet Application di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
- Intensive English Program, English for Specific Purpose (ESP), Toefl Program di UMM
- Pendidikan tentang Journalistic World  BESTARI Koran Kampus
- Toefl Preparation and Test di Universitas Brawijaya Malang
- English Extension and Culture Camp di Access-Es, Pare Kediri
- Program Taruna Melati II, untuk pengembangan karakter dan kepribadian oleh Pimpinan Daerah IPM , Kota Malang
- Mahasiswa terpilih mengikuti Workshop Kepenulisan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) oleh Direktorat Jedral Pendidikan Tinggi Indonesia (DIKTI)
- Training Journalist Development Program (JDP) TvOne
- English Business Convesation dari LIA, Jakarta
- Pelatihan Power Point dari TVOne

PRESTASI
- Juara 1 Lomba Kompetisi Majalah Dinding di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di Malang, dengan tema "Memahami Budaya Jepang"
- Juara 1 lulusan dengan nilai terbaik dalam tahun ajaran 2008-2009 di SMA Muhammadiyah 1 Malang
- Juara 2 Tingkat Nasional (se-Indonesia), ajang Pulic Relation Competition (Presco) Communication Fiesta 2012, di Universitas Katolik Widiya Mandala, Kota Surabaya
- Juara 1 Tingkat Nasional (se-Indonesia) dalam ajang, "Marketing Public Relation STRATEGIC BLAST" Competition in Communication Festival di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Jawa Barat
- Peringkat ke-3 nilai lulusan dengan IPK tertinggi di Jurusan Ilmu Komunikasi, di Universitas Muhammadiyah Malang. (IPK 3,78)
- Dll.

KARIR
- Asisten Dosen Praktikum Public Relations Universitas Muhammadiyah Malang
- Asisten Laboratorium Ilmu Komunikasi (IKOM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
- Reporter News Gathering di TVOne
- Reporter di divisi News Talkshow, program FAKTA TvOne
- BESTARI (Campus News Paper)
- Dll.

(Foto: dok. pribadi)

Posting Komentar

0 Komentar