IKLAN

Ingin ke Korea dari hasil berkarya.


Ingin ke Korea dari hasil berkarya.





      Setiap ada pelajaran mengarang saat masih duduk di bangku SD, Sheefa selalu semangat 45. Apalagi  bila ada tugas mengarang tentang liburan sekolah saat liburan telah usai. Itulah awal mula Sheefa jatuh cinta pada dunia menulis. Sebab dengan menulis, segala imajinasi dan unek-unek bisa dituangkan menjadi cerita indah lewat tarian jemarinya. Tak heran, bila penulis adalah cita-cita yang telah tertanam di sanubari sejak lama. Namun, selain bercita-cita ingin jadi penulis, Sheefa juga pernah berkeinginan menjadi psikolog dan pegawai bank. Sayangnya, ia gagal masuk ke Perguruan Tinggi, sehingga peluangnya untuk meraih semua mimpi tersebut lenyap, dan cita-cita Sheefa akhirnya kandas. Adalah wajar bila Sheefa sempat mengalami down. Dunianya menjadi gelap. Akan tetapi, akal sehatnya segera berputar. Ia harus bangkit! Meratapi takdir yang belum berpihak terlalu lama itu tidak baik. Akhirnya ia merangkak pelan-pelan untuk mendongakkan dagu ke dunia kembali. Asa kembali membuncah di dada. Apalagi saat ia menyadari akan satu hal, ada satu cita-cita yang tersisa, menjadi penulis.
      Sheefa mulai menyulam serpihan kertas yang berceceran, mulai mengumpulkan tinta yang terbuang, menjadi cerita utuh. Ia fokus di dunia literasi kembali. Seperti penulis pemula lainnya, Sheefa ikut menulis di media sosial.  Ada kebahagiaan sendiri yang ia rasakan bila pembaca ikut baper dengan isi cerita yang ia tulis. Apalagi bila ada pembaca yang merespon positif atas karyanya. Hal itu membuat semangatnya terlecut untuk terus bekarya. Akhirnya salah satu cerpennya berjudul "Gadis Berkursi Roda" di post di salah satu web Cerpenmu.com. Sheefa bahagia tak terkira. Ia semakin rajin menarikan jemari. Berkali-kali ikut event yang diadakan di media sosial, tapi hingga saat ini nasib baik belum berpihak kepadanya. Namun penyuka warna pink dan ungu ini tak pernah putus asa, ia masih aktif membuat cerita. Saat ini, Sheefa sedang membuat cerita bersambung di FB. Cerita tersebut telah mencapai part 14. "Aku berharap suatu saat ada penerbit yang melirik karyaku, karena aku ingin sekali mempunyai novel seperti teman-teman," katanya optimis. Aamiin.
      Sheefa bersyukur keluarga sangat mendukung dengan hobinya. Bahkan, sang mamah kerap membelikan novel untuk bahan menambah wawasan menulis. Bicara soal ide, Sheefa mengakui kadang susah sekali mendapatkan ide. Namun kadang ide mengalir begitu saja. Setiap ada ide, Sheefa merekamnya di otak. Ia suka cerita yang happy ending. Ia berharap kehidupannya pun akan happy ending pula. Harapan Sheefa di dunia menulis, semoga tulisannya semakin berkembang dan bisa memberi inspirasi kepada orang lain. Dan melalui hobinya, Sheefa ingin dikenal banyak orang. Asma Nadia, Tere Liye, Rudiyant, dan Agnes Davonar adalah beberapa penulis idolanya.



     Gadis yang ingin sekali ke Korea ini, sejak lama mau belajar menulis skenario. Karena itulah ia riang tak terkira bisa gabung di grup Jaringan Penulis Indonesia (JPI). Adalah Eka Wahyu Manduri (yang menulis profil ini) yang kali pertama mengenalkan Sheefa ke Dede Hartini, salah satu admin JPI. Kemudian Dede menghubunginya lalu mengajaknya gabung di JPI dengan memenuhi persyaratan seperti members baru lainnya.
     Sheefa senang bisa jadi bagian keluarga JPI karena bisa menambah teman yang sama-sama hobi menulis. Ada satu teman JPI yang sangat menginspirasinya, yaitu Ariny Nurul Haq. "Keadaan fisikku sama dengan Kak Ariny, tapi Kak Ariny telah melanglangbuana dengan karyanya. Novelnya pun sudah segambreng. Sementara aku belum menghasilkan sebuah novel pun." Kekehnya tersipu.
     Penikmat drama korea ini punya harapan untuk teman-teman JPI loh. "Karena semua sudah sukses dengan novel masing-masing, semoga karier teman-teman kian gemilang dengan terus melahirkan novel-novel terbaru."

* Aamiin, terima kasih ya, Sheefa. Do'a yang sama dari kami, untukmu.


Biodata.

Nama lengkap : Sifa Hasta Marettina
TTL                    : 12 Maret 1996
Alamat              : Dsn Salakambang Ds Selasari 07/02 kec. Parigi Kab pangandaran jawa barat

Pendidikan
SDN 1 Selasari (2011)
SMPN 2 Parigi (2014)
SMAN 1 Parigi (2017)

Hobi : menulis, membaca novel, nonton drama korea

Cita-cita : Ingin menjadi penulis yang dikenal banyak orang, entah itu penulis novel atau penulis skenario, juga ingin membahagiakan kedua orang tuaku yang selalu ada setiap saat untukku.

Media sosial.
Fb : Sheefa Hasta
Ig: Sifa_Hasta
Email : [email protected]

Posting Komentar

0 Komentar