Umi Salamah, Pejuang Literasi yang Berhasil Kuliah Berkat Hobi Menulis





Umi Salamah, Pejuang Literasi yang Berhasil Kuliah Berkat Hobi Menulis
Oleh: Samratul Hairah

Siapa sangka, hobi menulis jika terus ditekuni ternyata bisa menjadi penghasilan utama. Seperti yang dilakukan gadis cantik bernama Umi Salamah. Anak kedua dari dua bersaudara ini lahir di Kebumen, Jawa Tengah; bertepatan dengan peringatan hari Kartini, yaitu 21 April 1996. Mahasiswa semester 5 yang kerap disapa Umi ini berdomisili di Dukuh Ganggung Desa Tanjungrejo, Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Sejak Sekolah Dasar, Umi sudah suka membaca. Karena sang Ayah yang rutin membelikannya buku bacaan. Bahkan ketika kelas 5 Sekolah Dasar, Umi sudah menamatkan semua buku yang ada di Perpustakaan Sekolah. Keinginannya untuk menulis cerita sendiri berawal dari sebuah buku bacaan yang memiliki ending tidak diharapkan.

Umi mulai fokus menggeluti dunia literasi semenjak menjadi Mahasiswa di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Tahun 2017, Umi bergabung dalam organisasi Intra Kampus yang berpusat pada membaca dan tulis menulis. Kemampuan menulis Umi mulai berkembang karena di sana ada orang-orang yang telaten membimbingnya.

Bagi Umi, menulis itu seperti Bernapas. Jika dia tidak menulis, maka akan gila. Bahkan Umi pernah mencoba untuk tidak menulis selama satu minggu, hasilnya dia uring-uringan dan melakukan hal yang tak jelas.
Banyak tokoh-tokoh dan orang terdekat yang mampu memotivasi semangat menulis Umi.Yang pertama Ahmad Tohari, siapa yang tak mengenal penulis yang satu ini? Bahkan sebuah penghargaan bagi Umi karena dia dapat belajar dari beliau. Banyak ilmu-ilmu menulis dan prngetahuan beliau yang diajarkan pada Umi.

Orang yang kedua yaitu Mizanul Akrom. Seorang senior di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang sudah membuat Umi terbangun dari tidur dan memotivasinya untuk terus menulis. Kata-kata yang membuat Umi terus menulis adalah, "Jika orang telah memiliki karya, maka dia pasti akan dicari orang. Kamu hanya tinggal duduk saja, maka orang akan mencarimu". Dia sendiri sudah membuktikan kalimat itu, berkat menulis Mizanul Akrom mendapatkan beasiswa S2 di Solo. Umi jadi tertantang untuk ikut menulis.

Umi lebih fokus menulis untuk media massa-baik cetak maupun online-yang persaingannya begitu ketat. Ada kalanya mental Umi down ketika setiap hari minggu tak ada karyanya yang dimuat di koran. Hingga akhirnya Umi kebal dengan penolakan demi penolakan.

Semenjak hasil-hasil (honor)  karya tulisnya dimuat di media massa, orang tua Umi mendukung sepenuhnya untuk terus bergelut di dunia literasi. Awalnya, orang tua Umi akan marah jika dia duduk di depan laptop terlalu lama. Tapi sekarang, orang tua Umi tahu kalau dia sedang mencari uang. Umi juga sudah membuktikan bahwa menulis tidak membuat prestasi akademiknya di bangku kuliah menurun. Justru di tahun 2018 Umi mendapatkan penghargaan sebagau Mahasiswa Terbaik yang diberikan kampus dalam ajang IAINU Awards 2018. Penghargaan itu Umi dapatkan dari akumulasi IPK yang tinggi dan prestasinya dalam menulis.

Pada tahun 2017, Umi sudah menerbitkan novel solo pertama yang berjudul Because You Are My Star. Dapat diatakan novel ini pembuka jalan karier kepenulisannya di dunia literasi. Berkat novel ini orang-orang jadi tahu kalau Umi seorang penulis. Banyak dosen yang memuji karyanya, mereka juga terus memotivasi Umi untuk menulis.


Perempuan Penjaga Hujan, merupakan kumpulan cerpen hasil lomba, di mana Umi menjadi juara pertama mengalahkan 500 peserta yang lain. Kumcer ini sudah diterbitkan oleh AE Publishing pada tahun 2018.


Selain membuat bangga oleh prestasi Umi, orang tuanya juga ikut bangga. Tak ada keinginan untuk meninggalkan dunia literasi. Tapi mungkin, ketika impiannya menajadi guru Pendidikan Agama Islam tercapai, Umi akan mengurangi intensitas menulis.
Bagi Umi, menulis itu sekedar hobi yang menghasilkan uang. Dari honor-honor menulislah Umi bisa membiayai kuliahnya dan untuk biaya hidup sendiri. Bahan tak jarang dia mentraktir makanan orang tua dengan membelikan makanan kesukaan mereka setiap dia mengambil honor. Karena dia fokus menulis cerpen di koran-koran seluruh Indonesia.

Pesan Umi, tetaplah terus menulis walaupun mungkin sekarang belum membuahkan hasil. Yakinlah apa yang kalian lakukan sekarang akan membuahkan hasil di masa depan. Jika kalian telah sukses nanti, jangan sombong dan tetap rendah hati kepada penulis pemula. Tularkan ilmu kalian kepada penulis pemula agar dunia literasi terus berkembang dan tak pernah mati.

Profil:
Nama asli : Umi Salamah
Nama panggilan : Umi
TTL : Kebumen, 21 April 1996

Riwayat Pendidikan:
1. Tahun 2009 lulus dari MI KHR Ilyas Tanjungrejo
2. Tahun 2012 lulus dari MTs KHR Ilyas Tambakrejo
3. Tahun 2015 lulus dari SMK Batik Sakti 1 Kebumen
4. Tahun 2020 (amin) lulus S1 Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

Karya:
Cerpen berjudul Ibu, Kenapa Burung Dara Itu tak Terbang? Dimuat dalam Cendana News tanggal 23 Juni 2018
Cerpen berjudul Perempuan Penjaga Hujan, dimuat dalam Tabloid Nova edisi tanggal 15-21 Januari 2018 dan cerpen berjudul Pulang dimuat edisi tanggal 02-08 Juli 2018
Cerpen Anak berjudul Bapakku Tersayang, dimuat dalam SKH Kedaulatan Rakyat tanggal 26 September 2017,  Ketulusan Ratih dimuat tanggal 25 Maret 2018, dan Kesabaran Radit dimuat tanggal 10 Juni 2018
Cerpen berjudul Catatan Kebodohan, dimuat dalam SKH Kedaulatan Rakyat tanggal 31 Desember 2017
Cerpen berjudul Kampung Orang-Orang Aneh, dimuat dalam Bangka Pos tanggal 15 Juli 2018
Cerpen anak berjudul Aldi dan Pasar Malam dimuat di Majalah Simalaba Edisi 12 bulan Mei 2018
Juara 1 Sayembara Cipta Cerpen Tingkat Nasional dengan tema Hujan yang diselenggarakan Penerbit AE Publisher
Juara 1 Sayembara Menulis Cerpen dan Novel Mini Tingkat Nasional dengan tema Ramadan Menjemputku yang diselenggarakan Penerbit Kaneo Media
Artikel berjudul Menguatkan Kesadaran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Tamyiz, dimuat dalam Kebumen News tanggal 20 Mei 2017 dan SEMINAR REGIONAL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Tongkrongan Mahasiswa Jaman Now dimuat dalam Kebumen News tanggal 18 Desember 2017
Novel berjudul Because You Are My Star (Alra Media, 2017)

Akun Media Sosial:
Wattpad : @umisalamah19
Instagram : @umifriend
Twitter : @Umipanda21
Blog : https://umisalamah21.blogspot.com
Facebook : Umi Friend
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.