Berburu Takjil di Pasar Ramadan Sindangkasih


Datangnya bulan Ramadan selalu membawa hal unik di sekitar Pasar Sindangkasih, kabupaten Ciamis. Pasar yang biasanya terkesan sepi di sore hari, justru akan semakin ramai dan meriah ketika di bulan Ramadan. Hal ini karena setiap Ramadan akan digelar pasar Ramadan setiap sore hari.

Pasar Ramadan di pasar Sindangkasih hanya menjajakan makanan dan takjil untuk berbuka puasa. Puluhan gerobak penjaja makanan berjejer dari mulai terminal pasar Sindangkasih sampai pertigaan di Jalan Mohammad Hatta yang menjadi penghubung kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya.


Berbagai jenis makanan tersedia di sini. Lebih dari 50 gerobak penjual menjajakan jualannya. Baik makanan manis, bercita rasa asin, atau minuman yang segar. Makan manis yang ditawarkan seperti candil, martabak, kolak, pisang molen dan masih banyak lagi. Sedangkan makanan asin lebih banyak jenisnya, sebut saja cimol, cilok, cak hwe, cireng, keripik usus, sosis bakar, kentang spiral, dan cilok goang yang terkenal pedas. Berbagai jenis minuman dingin dan es juga tersedia di pasar ini.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, mulai dari Rp. 500,- untuk harga termurah dan Rp. 5000,- untuk harga paling tinggi dari makanan yang dijajakan. Harganya yang terjangkau membuat banyak pembeli rela mengantre untuk mendapatkan camilan yang diinginkan.

Pasar Ramadan ini mulai ramai setelah azan Ashar atau sekitar pukul 16.00 WIB dan berakhir setelah azan Magrib berkumandang. Para pembelinya sendiri berasal dari daerah sekitar Sindangkasih. Selain membeli takjil, para pembeli juga memanfaatkan pasar Ramadan sebagai ajang ngabuburit dan menunggu azan Magrib. (Tia)

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.