Reika Dj, Seorang Penulis Berbakat Penuh Semangat


Oleh RANNY FITRIANI

Masuk dalam dunia literasi bukanlah hal yang mudah. Mencari inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan tidak semua orang bisa dengan cepat melakukannya. Untuk bisa menjadi seorang penulis yang hebat, seseorang perlu latihan banyak terutama latihan merangkai kata, memperdalam EBI dan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Supaya bisa menuliskannya dengan sudut pandang yang berbeda dengan yang lain.
Jika kebanyakan orang perlu waktu yang lebih banyak dalam mendalami dan mempelajari literasi, berbeda dengan Perempuan asal Kalimatan Barat ini, Reika DJ. Kiprahnya dalam dunia menulis terbilang cukup baru, tapi dia seolah membuktikan bahwa tidak perlu berlama-lama dalam belajar menulis, yang penting ada tekad dan kemauan yang kuat, semua orang pasti bisa menghasilkan karya.
Penulis yang juga seorang guru ini baru enam bulan terjun dalam dunia tulis-menulis, tapi jangan salah, dia sudah bisa menghasilkan banyak karya. Antara lain : Antologi jangan ambil suamiku yang diterbitkan oleh Checklist Publisher, Antologi Food Flash Fiction dari komunitas penulis perempuan Kamaksara dan cerpen dear mantan masuk dalam antologi dear mantan yang merupakan hasil dari lomba FF di Cloverline creative.
Reika DJ dan novel karyanya

Penulis yang memiliki nama asli Resda Sri Kartika ini mengaku bahwa kecintaannya kepada dunia literasi bisa dibilang sesuatu yang tidak disengaja.
“Aku niat awal nulis itu Writing for healing, sih. Karena suka nggak bisa tidur, jadi kalau mau tidur itu ada aja yang berseliweran di kepala. Jadi cari cara biar otak cape. Akhirnya kepikiran nulis deh, biar otak dibawa mikir” ungkapnya kepada JPI ketika diwawancara melalui pesan singkat.
Novel miliknya yang berjudul Lovely Sister merupakan novel bergendre thriller yang bisa dibaca di akun Wattpad miliknya di @Reikamidori. Reikha memang sangat menyukai novel-novel bergenre thriller.
Penulis yang menjadi inspirasinya menulis genre thriller adalah JK Rowling dan Marry Higins Clark karena novel-novel mereka bisa membuatnya merasakan apa yang dituliskan di dalam novelnya tersebut seperti setting dan juga ketegangan. Dan harapannya dengan membaca novel-novel tersebut dia juga bisa membuat pembaca merasakan apa yang selalu dia rasakan ketika membaca novel- novel Favoritnya.
Salah satu karya Reika DJ

MULAI KETAGIHAN MENULIS
Reika Mengaku semenjak itu dia mulai ketagihan menulis, Perempuan yang kini sudah memiliki dua orang anak ini juga berfikir ingin memberikan manfaat untuk orang banyak melalui karya-karyanya. Seperti karya miliknya dalam antologi Flash Fiction yang hasil royaltinya digunakan untuk kebutuhan gizi anak Indonesia.
Menjadi seorang penulis sekaligus seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Butuh tekad yang kuat dan semangat untuk tetap menulis. Reikha mengaku meskipun dirinya kini sudah memiliki anak dia tetap berusaha untuk bisa produktif menulis setiap hari.
Karya Reika DJ yang berupa antologi

“Biasanya aku nulis kalau pas anak-anak lagi tidur sih, jadi kalau pas anak-anak bangun ya fokusnya main saja sama anak-anak” Terangnya.
dia juga memberikan tips untuk para Ibu yang suka menulis dan kesulitan untuk mengatur waktu antara menulis dan mengasuh anak.
“Yang paling utama niat awal, niat harus kuat. Dan cari waktu ketika senggang, sebaiknya pas anak-anak tidur, jadi kalau pas anak bangun fokusnya main saja. Jadi pas kita sibuk mereka pun akan faham kalau kita sedang sibuk. Satu lagi, harus mau cape. Karena kalau tidak begitu ya kita tidak akan pernah bisa nulis” ungkapnya kepada JPI. ( Ranny Fitriani/JPI )





Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.