Mau jadi penulis JPI, Wajib Baca Ini

Jaringan Penulis Indonesia hadir bagi para penulis pemula maupun profesional. Sesuai dengan motonya "Milik Bersama Belajar Bersama", maka sudah sepantasnyalah portal ini menjadi wadah bagi para penulis untuk saling berbagi ilmu. 

Tahukah kamu bahwa Jaringan Penulis Indonesia juga punya grup khusus untuk para penulis yang aktif berkontribusi  di portal www.jaringanpenulis.com . Guna menjaga ketertiban, kenyamanan, dan menjaga agar anggotanya tetap produktif, maka admin Grup WA JPI menetapkan aturan dalam berkomunikasi di grup WhatsApp. Apa aja sih aturannya? Ini dia nih aturan yang wajib diketahui oleh #SahabatJPI . 
  1. Obrolan grup WhatsApp JPI dimulai pukul 07.00- 21.00 WIB 
  2. Tema diskusi seputar kepenulisan (fiksi & non fiksi), bedah buku, publikasi buku karya sahabat JPI baik yang akan ataupun yang sudah terbit 
  3. Bagi penulis, patut dicatat bahwa setiap tulisan yang dipublikasikan menjadi tanggung jawab penulis. Jadi, biar aman, maka tulislah kabar baik yang membuat penulis dan pembaca tenang dan senang. Ingat! ada UU ITE No.19/2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik yang mengaturnya. 
  4. Bagi yang serius menjadi Citizen Journalism dan tentunya memiliki ketertarikan di dunia tulis-menulis, sampaikanlah kabar baik, inspiratif, positif, dan pastinya bukan kabar bohong, tidak bernada provokatif, menyinggung SARA, apalagi bernuansa politis.
  5. Bagi yang sudah menjadi kontributor, selamat menulis dan selamat berkarya. 
  6. Bagi yang belum menjadi kontributor www.jaringanpenulis.com, silakan mengirimkan berbagai bentuk tulisan, seperti: puisi, artikel, berita, cerpen, cerbung dari #SahabatJPI. Silakan kirim ke jaringanpenulis@gmail.com untuk diposting oleh admin, setelah dinyatakan layak publikasi.
  7. Seluruh kontributor dan anggota aktif akan mendapatkan kartu anggota JPI yang di desain dengan keren. Tapi, untuk bisa dapat kartu anggota JPI, kamu harus terdaftar sebagai anggota dengan mengisi form online melalui google form berikut ini. Formulir Online Anggota JPI
  8. Sebelum mengisi formulir online, yakinkan bahwa diri kamu siap untuk menjadi penulis yang kuat mental, yang siap dikritik dan diberi masukan. Jika belum siap, maka tunggu waktu sampai kamu siap menjadi penulis hebat dan diperhitungkan di Indonesia. Ingat! jangan mengisi asal-asalan, karena admin tidak akan memverifikasi datamu.
Sementara itu, bagi yang berminat menulis skenario, simak informasi di bawah ini yah:
  1. Silakan kirim sinopsis ke endikkoeswoyo@gmail.com dengan subjek Sinopsis FTV Reguler . Kirimkan setiap Sabtu sebelum jam 17.00 wib. 
  2. Jika layak, maka sinopsis yang masuk akan dikirimkan ke berbagai PH setelah melalui proses revisi oleh Mas Endik Koeswoyo.
  3. Sinopis akan diutamakan bagi para penulis yang aktif menulis di www.jaringanpenulis.com , khususnya bagi kamu yang sudah menulis profil sahabat JPI sesuai dengan format Jaringan Penulis Indonesia. Jadi bacalah sebelum menulis ya, biar profil yang kamu tulis keren untuk dibaca dan tidak terkesan asal-asalan!
  4. Mas Endik akan mengirimkan contoh sinopsis FTV yang pernah ditulis oleh sahabat JPI dan berhasil menembus TV Nasional dalam bentuk sebelum dan sesudah revisi. Contoh sinopsis secara berkala akan dibagikan di grup wa. Jadi, pantau terus ya!
  5. Mas Endik Koeswoyo akan membimbing para penulis berbakat dan berminat tinggi untuk menjadi penulis skenario lewat grup WA JPI. 
  6. Perhatikan jenis tulisan pada sinopsis yang dikirim, dengan jenis tulisan: courier new 12pt. Ulasan tentang sahabat JPI yang karyanya sudah muncul di TV bisa kamu klik Inilah Para Penulis JPI Yang Sukses Menembus TV Nasional
  7. Selama menulis, perhatikan mana kata yang harus ditulis dengan huruf besar/huruf kecil. Menulis tidak sesuai format akan membuat karya yang kamu kirim tidak akan dilirik sama sekali oleh Mas Endik. Duh, sayang kan.
  8. Sebelum kirim naskah, WAJIB baca kembali. Cek tata bahasa supaya tidak kacau balau dan bikin sakit mata. Download aja aplikasi KBBI di ponsel kamu. Ini adalah cara yang paling mudah di zaman yang serba canggih seperti sekarang.
  9. Sesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)/ EYD. Gunakan aplikasi agar mempercepat kerja penulis
  10. Kirimkan 1 naskah 1 minggu dengan format tulisan yang bagus dan rapih. Mengirimkan naskah sinopsis 1 minggu 1 kali jauh lebih baik ketimbang kirim 3 tapi kurang semua (jauh dari standar dan ketentuan).
  11. Sertakan karakterisasi pemain sesuai dengan pedoman 7 Langkah Menulis Sinopsis FTV ROMAN KOMEDI
  12. Tulis dengan kesungguhan
  13. Perbanyak membaca biar pintar.
Tingkatkan dan asah kemampuan menulis. Persiapkan diri menjadi penulis yang professional, berkualitas, dan punya nilai jual.

Selamat Berkarya #SahabatJPI ✍🏼 dan jangan lupa, yuk follow medsos JPI:



Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.