Jalan-Jalan Ke Kampung Boneka




Cikampek. – Seiring berkembangnya zaman, boneka juga mengalami transformasi bentuk mengikuti selera pasar. Bila dulunya boneka hanya diidentikan sebagai mainan anak-anak, kini kita bisa melihat , kalau remaja bahkan orang tua pun juga banyak yang meminati benda yang lucu dan menggemaskan ini.

Nah, bila kamu termasuk pecinta boneka, nggak lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke kampung boneka yang terletak di kecamatan kota baru, Cikampek. Tak perlu khawatir untuk mencari tempat ini, karena lokasinya sangat mudah di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Hanya sepuluh menit dari pintu tol Cikopo untuk sampai di kampung boneka ini. Dan lokaisnya tepat berada di depan stasiun Cikampek.

Berada di kampung boneka ini kita akan dibuat terheran-heran, karena sepanjang mata memandang kita akan disuguhi begitu banyak toko boneka di kiri kanan jalan. Tak cukup di situ saja, saat kita masuk ke dalam gang, kita akan melihat pengrajin boneka di setiap rumah. Setiap rumah seolah disulap menjadi pabrik mini penghasil boneka.

Dulunya usaha ini  dirintis oleh Empong Carsipan di tahun 80-an. Beliaulah orang yang pertama kali memproduksi boneka di tempat ini, hingga akhirnya diikuti oleh warga lain. Menurut keterangan dari warga sekitar, saat ini ada lima puluh kepala keluarga yang bekerja sebagai pengrajin boneka. Makanya tak aneh bila kampung ini mendapat predikat sebagai sentra pengrajin boneka.

Eits, tapi berbelanja di tempat ini akan membuat kita lapar mata. Ada begitu banyak boneka lucu-lucu dari ukuran mini hingga yang ukuran jumbo. Selain pilihannya yang beraneka ragam, harga yang ditawarkan di tempat ini relatif lebih murah. Bahkan banyak para pedagang dari luar kota yang sengaja datang ke sini untuk kulakan boneka. Tapi tetap, kita harus pintar-pintar menawar. Yah walaupun, sebelum kita menawar pun harga yang ditawarkan tetap lebih murah jika dibandingkan dengan harga toko.

Masalah kualitas tak perlu khawatir, di tempat ini kita tetap bisa menemukan boneka dari kualitas KW sampai kualitas bagus. Senangnya berbelanja di tempat ini kita bisa mendapatkan barang dengan harga  grosir namun kita tetap bisa membeli boneka tersebut  bijian.

 Bagaimana, tertarik untuk menambah koleksi bonekanya atau berencana memberi kado untuk seseorang? Atau kamu ingin melihat langsung pembuatan boneka dari pengrajinnya? Yuk, memanjakan mata dengan wisata boneka di kampung boneka ini.
(Reni Soengkunie)

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.