Don Helly: Mencintai Dunia Literasi agar Lebih Bebas Berekspresi


      Bagi yang belum mengenalnya, pria asal Nahaya, Kalimantan Barat ini mampu menulis kumpulan cerita pendek di samping kesehariannya sebagai karyawan perusahaan swasta. Kumpulan cerpennya diberi judul Mala Nazadon oleh pria yang kerap disapa Hel ini. Ia juga mengaku mencintai dunia literasi sejak tahun 2010. Pria lajang kelahiran 30 Mei 1983 ini mengatakan bahwa dengan menulis merasa lebih bebas melampiaskan beban pikiran.


     “Awal menulis karena tertarik dengan dunia jurnalis, pernah juga ikut pelatihan dasar jurnalistik,” ungkapnya.

      Tokoh yang menginspirasinya dalam menulis adalah John Steinbeck dan Pablo Neruda. Menurutnya John Steinbeck, menginsipirasi dalam hal tema dan cara penulisan yang mengangkat masyarakat kalangan bawah. Sedangkan, Pablo Neruda begitu menginspirasi dalam menulis soneta yang memikat semenjak membaca

     Sebelum menulis kumpulan cerpen, pria gemini ini juga pernah membuat artikel pengajaran bahasa Inggris, sesuai dengan pendidikan terakhir yang ditempuhnya, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan bahasa Inggris. Tetapi, karya yang sangat dibanggakan hingga saat ini adalah kumcer Mala Nazadon. Kumpulan cerpen tersebut berisikan kisah yang diambil dari pengalaman sendiri, bercerita tentang cinta dan lika-likunya. Don Helly juga sedang mempersiapkan kelahiran kumcer kedua yang rencana akan terbit bulan Mei 2018. Selain itu, ia juga bergabung di grup Jaringan Penulis Indonesia.untuk mengasah kemampuannya menulis.

    Don Helly, telah mengajarkan pada kita bahwa kesungguhan dan niat berusaha akan menunjukkan pada hasil. Kesibukan bekerja bukanlah penghalang untuk terus melahirkan tulisannya. Ia juga dapat dihubungi melalui akun instagram dan facebook melalui Heldon Nahaya. (Puput Yuhara)

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.