Sinopsis FTV Miss Perhitungan Ketemu Mister Boros

Sinopsis FTV
“Miss Perhitungan Ketemu Mister Boros”


Ide cerita & Skenario
Endik Koeswoyo
Ariny NH


Andhini Maharani atau biasa disapa Rani (23). Gadis ini tercatat sebagai mahasiswi teladan di fakultas ternama di Jakarta. Ia jomblo akut, dari lahir nggak pernah pacaran sama cowok. Eits, bukan karena dia nggak laku atau nggak suka cowok tapi karena semenjak orangtuanya meninggal yang ada dipikirannya hanyalah membahagiakan adik kesayangannya, Andhina Rosalia yang berusia 18 tahun.


Untuk mencukupi kebutuhan hidup bersama adiknya, dia kerja sambilan jadi guru matematika di bimbingan belajar. Karena jadi guru matematika, hidupnya pun terbawa Suasana. Semua yang ia lakukan harus diperhitungkan, untung dan ruginya. Bahkan sampai nyari cowok pun ribet banget, dia punya segudang tipe idaman. Tipe Idamannya : nggak boros, makai kacamata tipis, smart, bersih dari jerawat, berpakaian rapi, setia, sabar, bijaksana dan paling penting sayang sama adiknya.
Raditya Saunders atau biasa disapa Radith (26) tercatat sebagai mahasiswa abadi alias gak lulus-lulus. Gimana mau lulus wong dia sering bolos kuliah? Dia hobby travelling dan menghambur-hamburkan uang papanya. Suatu ketika papanya marah besar, karena pengeluaran Radith 1 bulan mencapai 250 juta. Ia pun diusir papanya tanpa membawa uang sepeser pun.
Radith bingung harus pergi ke mana. Ia terus berjalan mengikuti langkah kakinya. Sampai pada akhirnya ia berada di sebuah jembatan. Radith tergoda ingin bunuh diri. Papanya aja sudah memngusirnya, jadi untuk apa lagi ia hidup di dunia? Saat Radith siap melompat dari jembatan, tiba-tiba ada yang menarik tubuhnya. Orang itu Tedy (26) sahabatnya sejak SMA.Tedy menceramahi Radith tentang siksaan orang bunuh diri di akhirat. Radith bergidik ngeri, membayangkan siksaan itu. Nggak jadi bunuh diri lalu Tedy menawarkan Radith tinggal bersamanya di sebuah kos.
Orang boros saat nggak megang uang sedikit pun pasti kalangkabut seperti kebakaran jenggot. Mau tak mau agar bisa megang uang ia harus kerja. Untung detik itu juga dirinya melihat lowongan sebuah perusahaan yang mencari badut buat acara ulangtahun anak kecil.
Kerja jadi badut? Itu mimpi buruk bagi Radith tapi demi dapet duit ia rela melakukannya. Syukur banget dirinya yang terpilih jadi badut di antara ratusan pelamar.
Andhina, mendadak depresi akut karena patah hati ditinggal cowoknya, Andhanu (21) Jelas Rani kebingungan mencari cara agar adiknya sembuh. Adelia (23), sahabat Rani dari SMP. Ia lulusan sarjana psikologis, ia memberi usul agar Rani membawa adiknya ke rumah sakit jiwa tapi ia menolak keras. Ia yakin adiknya bukan orang gila. Dan akhirnya ia mengatakan, adiknya bisa sembuh kalau dia bisa tertawa lagi. Usulan Adelia yang kedua diterima Rani, ia meminta Adelia untuk mencari badut itu agar bikin adiknya tertawa.
Badut yang dipilih Adelia untuk membuat Andhina adalah Radith. Rani kaget, dan tidak setuju Radith menghibur adiknya karena sebenarnya Radith itu musuh bebuyutan Rani sejak SD. Tapi Adelia terus membujuk Rani agar mau mempekerjakan Radith untuk menghibur Andhina. Demi Andhina akhirnya luluh dan mau memperkerjakan Radith.
Awal-awal Radith bekerja, si Andhina tetap murung. Bukan di situ aja, kerjaan Radith yang ada bukan menghibur Andhina tapi malah berantem mulu sama Rani. Adelia kebingungan mencari cara agar mereka berdamai.
Adelia berhasil menemukan cara mendamaikan mereka. Caranya mengunci mereka berdua di gudang yang kotor, pengap, banyak kecoa, kodok dan tikus. Adelia tau Rani sangat takut dengan tikus dan Radith sangat takut dengan kodok dan gelap. Di gudang itulah mereka saling menenangkan diri. Rani berusaha menenangkan Radith yang jerit-jerit dalam kegelapan dan melihat kodok. Ia juga berusaha menenangkan Rani yang takut akan tikus dan kecoa. Detik itu juga muncul debaran-debaran cinta.
Seminggu pasca insiden di gudang, Radith memutuskan menyatakan cinta ke Rani. Rni sebenarnya juga mencintai Radith tapi ia nggak mau pacaran dulu sebelum Andhina sembuh. Akhirnya Rani mengajukan syarat ke Radith, “Kalo lo mau gue nerima cinta lo, lo harus bisa bikin Andhina ketawa lagi.”
Radith menyetujui syarat yang diberikan Rani. Berbagai cara dilakukan Radith agar membuat Rani tertawa lagi. Namun hasilnya nihil. Tapi bukan Radith namanya jika dirinya nyerah gitu aja. Ia terus berusaha lebih giat membuat Andhina tertawa demi mendapatkan cinta Rani.
Seminggu berusaha, akhirnya membuahkan hasil. Andhina bisa tertawa lagi berkat lelucon yang ia lontarkan. Andhina dinyatakan sembuh total. Namun hal itu membuat hati Rani dan Radith terluka. Radith bukannya mendapatkan cinta Rani malah Andhina yang jatuh cinta dengan Radith.
Sebagai kakak, Rani tentu akan melakukan apapun demi kebahagiaan Andhina. Ia merelakan Radith pacaran sama Andhina, ia nggak mau Andhina depresi lagi.
Si Radith jelas menolak permintaan Rani. Tapi Rani terus memohon ke Radith. Radith nggak tega liat muka melas Rani yang terus memohon, akhirnya hatinya luluh dan mau pacaran sama Andhina.
Andhina mengajak ngedate Radith malam Minggu dinner romantis. Tak sengaja Rani melihat adegan Radith dan Andhina suap-suapan mesra. Air mata pun keluar dengan sendirinya. Hati Rani sakit melihat pemandangan itu namun ia berusaha tegar demi kebahagiaan adiknya.
Pulang dari ngedate Andhina memergoki Rani menangis di tempat tidur. Ia bertanya ke Rani apa penyebabnya namun Rani enggan menjawab pertanyaan Andhina. Ia pun ke toilet. Ketika Andhina hendak keluar dari kamar Rani, tiba-tiba ia melihat sesuatu menarik. Laptop Rani masih menyala. Layar laptop itu menampilkan halaman blog Rani. Di sanalah Andhina mengetahui Rani belum sepenuhnya mengikhlaskan Radith untuknya.
Di Kantin sekolah Andhina melamun memikirkan Rani dan Radith. Tiba-tiba Andhanu menghampirinya. Cowok itu minta maaf dan mengajak Andhina balikan. Andhina masih sangat mencintai Andhanu namun ia tak langsung mengiyakan ajakan Andhanu.
Tiga hari Andhina mempertimbangkan ajakan Andhanu, akhirnya ia memutuskan jalan keluar terbaik. Ia meminta Adelia, Radith dan Andhanu datang ke rumahnya. Ketika semua berkumpul, ia mengatakan bahwa akan balikan dengan Andhanu dan menyerahkan kembali Radith ke Andhina.
Tiba-tiba saja Papa Radith dan ibu tirinya datang ke rumah Andhina sambil membawa kue ulang tahun. Terungkap fakta bahwa Papanya tak benar-benar mengusirnya. Donie memakai cara itu agar Radith tak boros lagi. Andhina pun mengaku bahwa dirinya tak benar-benar depresi. Ia melakukan itu demi mendapatkan perhatian lebih dari Rani.

  • SEKIAN -
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.