CINTAMU BAU TERASI


SINOPSIS FTV REGULER

“CINTAMU BAU TERASI”

 

 

Cerita & Skenario

Endik Koeswoyo & Pone Syam

 

 

 

Restu (21 tahun) muntah-muntah. Sudah beberapa kali Restu peringatkan pada pembantunya untuk tidak membuat makanan yang bahan dasarnya terasi, tetapi pembantunya berdalih bahwa mereka berpikir bahwa Restu lagi diluar rumah dan mereka sudah berbulan-bulan tidak makan terasi. Restu hanya bisa menatap mereka jengkel lalu berlalu meninggalkan meja makan tanpa sedikitpun menyentuh makan yang disediakan untuk sarapan Restu.

Restu kembali muntah-muntah di toilet laki-laki. Restu berlari keluar dan mengejar seorang gadis. Restu langsung menarik pergelangan tangan Cinta (25 tahun) hingga keseimbangan Cinta terganggu dan akhirnya terjatuh. Restu bukannya minta maaf malah menertawakannya. Mahasiswa lain yang melihatnya ikut tertawa. Cinta mendorong Restu hingga terjatuh. Restu marah dan menuduh bahwa Cinta yang buang air di toilet laki-laki sehingga toiletnya bau terasi, Restu yakin sebab Cinta baru keluar di toilet laki-laki saat Restu masuk. Tetapi tidak seorangpun percaya sebab tidak mungkin seorang gadis masuk ke toilet laki-laki, Para mahasiswa teriakin Restu hingga Restu merasa malu. Cinta tersenyum penuh kemenangan padahal Cinta memang numpang buang air kecil di toilet laki-laki sebab di toilet perempuan penuh.

Restu mencari tahu tentang Cinta. Liza (21 tahun) kekasih Restu memberitahu bahwa Cinta itu mahasiswi pindahan ke kampus mereka. Restu mengibarkan bendera permusuhan sedangkan Liza mendukungnya.

Restu dan Lisa mengikuti Cinta bahkan sampai ke rumah kontrakannya. Restu dan Liza seperti dektektif yang sedang mengintai sehingga mereka tahu bahwa Cinta jualan terasi.

Dengan menggunakan sepeda Cinta berkeliling menjual terasi. Dengan ramah cinta menjajankan terasinya. Dandi (21 tahun) pengurus panti asuhan setiap hari membeli terasi Cinta. Bahkan Cinta kadang tidak mengambil uang pembayaran Dandi dan menyumbangkan terasi untuk makan anak panti asuhan. Meski Dandi selalu menolak dan meletakkan uang di tas kecil milik Cinta tanpa sepengetahuan Cinta sebab saat itu Cinta sibuk melayani pembeli. Deny (5 tahun) salah satu anak panti sangat suka jika Cinta datang. Saat Cinta sibuk melayani pembeli ech Deny malah naik ke sepeda Cinta sehingga Cinta hampir kehilangan keseimbangan dan untungnya Dandi selalu menolong. Dandi menegur Deny tetapi cinta malah senang bahkan selalu memberikan Deny mainan atau makanan kecil. Cinta terlihat sangat menyayangi Deny.

Liza mempengaruhi Restu saat mereka makan malam di sebuah restourant mewah. Liza ingin Restu membuat Cinta menyesali perbuatannya pada Restu. Tetapi Restu tidak punya rencana. Liza menganjurkan agar Restu merusak image terasi Cinta sehingga Cinta tidak punya penghasilan dan akhirnya berhenti kuliah, itu sepadang dengan perlakuan Cinta yang berhasil mempermalukan Restu. Tentu saja Restu senang bahkan bangga bisa memiliki Liza yang jenius.

Restu mengendap-endap di sekitar rumah kontrakan Cinta tetapi aksinya tersebut ketahuan oleh Cinta. Sebab Cinta panik maka dengan semangat 45 Cinta berteriak minta tolong dan menuduh Restu sebagai pencuri. Warga kemudian menyerang Restu hingga Restu babak belur barulah Cinta sadar bahwa itu adalah Restu teman kampusnya. Cinta kemudian menghentikan aksi warga kemudian meminta maaf dan menolong Restu.

Restu meringis kesakitan di ruang tamu Cinta sedangkan Cinta baru keluar dari arah dapur membawa baskon berisi air hangat serta handuk kecil yang dijadikan alat kompres. Baru saja Cinta mengobati luka Restu tiba-tiba tanpa mengetuk pintu apalagi memberi salam Dandi masuk ke rumah cinta dan memeriksa keadaan Cinta. Dandi yang terlihat panik memaksa Cinta untuk menerima lamarannya agar Dandi bisa melindunginya, ech Restu malah tertawa terbahak hingga merasa nyeri di pipinya. Restu yakin Cinta menolak menikah sebab Dandi miskin dan tidak punya masa depan. Mau mereka bawa kemana rumah tangganya. Dandi dan Cinta memandang Restu dengan tajam membuat Restu menahan tawanya dan mengalihkan padangan ke tempat lain.

Cinta menatap mading dengan mata berkaca-kaca. Disana terpajang foto Cinta yang sedang mengendarai sepeda memasarkan terasi buatannya. Restu menjadikan foto tersebut sebagai bukti bahwa Cinta pelaku bau terasi di toilet tempo hari. Liza datang dan menertawakan cinta. Begitupun dengan Restu. Cinta mengamuk kemudian menyerang Restu. Liza mencoba untuk menolong tetapi malah Liza yang menjadi sasaran empuk cakar Cinta.

Liza, Restu dan Cinta di skrorsing. Di depan dekan mereka di sidang. Pak dekan kecewa pada Liza yang anak ketua yayasan serta Restu anak wakil ketua yayasan. Apalagi Cinta yang pindahan dengan nilai hancur lebur. Mereka akhirnya diskrorsing selama satu semester. Mereka tidak menerimanya tetapi keputusan dekan sudah bulat dan tidak bisa diganggu gugat lagi.

Dari jauh Liza dan Restu melihat Cinta yang sedang menjajankan terasinya. Setelah Cinta meninggalkan pembeli barulah Liza dan Restu menemui pembeli Cinta dan mengatakan bahwa terasi buatan Cinta berbahaya. Restu mengajak pelanggan Cinta untuk memeriksakan Terasi tersebut ke lab rumah sakit terdekat dan terbukti bahwa terasi Cinta mengandung tanah liat yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Cinta terkejut saat pelanggan Cinta datang ke rumah kontrakan Cinta dan mengusir Cinta. Mereka memperlihatkan hasil lab. Dandi membela Cinta tetapi para pelanggan sudah tidak percaya lagi dengan Cinta. Liza dan Restu datang dan tertawa sinis pada Cinta. Dandi menuduh Restu telah mencampurkan terasi Cinta dengan tanah liat. Restu minta bukti tetapi Cinta ingat hari dimana Restu dihakimi massa.

Cinta yang sudah diusir dari rumah kontrakannya memilih untuk sementara waktu membantu Dandi di panti asuhan. Deny sangat senang dengan kehadiran Cinta, sebab Deny dimanjakan, dininabobokan saat mau tidur dan disuapin saat makan.

Liza sedang menelfon seseorang saat Restu mencarinya. Diam-diam Restu mendengar pembicaraan Liza dengan kakaknya. Liza mengaku sudah menghancurkan masa depan Cinta seperti Cinta dulu menghancurkan masa depan kakaknya. Restu bingung. Restu merasa diperalat oleh Liza.

Cinta baru pulang dari pasar membeli keperluan panti asuhan tiba-tiba Restu menariknya dan membekap mulutnya. Barang belanjaan Cinta terjatuh.

Cinta bingung dengan perbuatan Restu yang malah membawanya ke sebuah cafe dan memilih duduk di pojok yang menurutnya paling nyaman. Restu menanyakan hubungan Cinta dengan Lisa. Cinta menolak untuk memberitahunya tetapi Restu berjanji untuk membersihkan nama Cinta sehingga Cinta bisa jualan terasi lagi. Cinta akhirnya menceritakan bahwa Liza mantan adik iparnya. Dulu Cinta pacaran dengan kakak Liza dan hamil diluar nikah. Sebab persoalan tersebut, kuliah Cinta dan kakak Liza terbengkalai. Mereka setiap hari bertengkar hingga memutuskan cerai. Restu akhirnya jadi paham keadaan.

Dandi panik menunggu Cinta yang belum pulang. Belanjaan cinta dia temukan di jalan tadi saat mencari Cinta. Saat Restu datang mengantar Cinta langsung diserang oleh Dandi. Cinta berusaha untuk menengahi hingga Cinta terjatuh. Dandi memerintahkan agar Restu tidak lagi mencari Cinta.

Restu menepati janjinya pada Cinta. Restu menyebarkan foto saat dia dan Liza beraksi mencampur tanah liat dengan terasi buatan cinta, pelangga Cinta marah tetapi Restu berjanji akan mentraktir mereka terasi selama sebulan jika Cinta kembali jualan.

Cinta terkejut saat semua pelanggan datang ke panti asuhan dan mencarinya. Mereka meminta maaf dan meminta agar Cinta kembali jualan. Cinta merasa senang dan berjanji akan segera jualan.

Terasi Cinta langsung diborong oleh Restu kemudian dengan menggunakan masker agar bau terasi tidak menyengat maka Restu mengemas terasi tersebut dengan kantong yang bergambar unik lalu dibagikan kepada pelanggan Cinta selama sebulan. Cinta berterima kasih pada Restu.

Restu meminta cinta untuk menambah stock terasi kemudian Restu mengemasnya dan memasarkannya lewat online. Pesanan terasi cinta semakin banyak dan Restu membantunya. Dandi yang melihat kebersamaan Restu dengan Cinta langsung sedih sebab Dandi yakin diantara mereka sudah timbul rasa cinta.

Restu dan Cinta terkejut melihat terasi buatannya yang sudah dikemas dan siap dikirim kini rusak. Liza menertawakan mereka. Restu dan Liza bertengkar hebar hingga akhirnya Restu memutuskan hubungan dengan Liza dan membuat Liza makin marah pada Cinta.

Dandi menemui Restu dan Cinta dan memberitahukan bahwa kakak Liza sedang mengurus persuratan adopsi terhadap Deny. Cinta langsung lari meninggakan Restu dan Dandi. Restu bingung dan mengikuti Cinta.

Cinta sudah berlutut di depan keluarga Liza saat Restu datang. Cinta memohon agar Deny tidak diambli. Cinta berjanji akan kembali menjaga Deny saat Cinta sudah punya biaya yang cukup untuk membiayai Deny. Keluarga liza menolok. Restu mengancam akan merusak reputasi keluarga Liza jika mereka nekat. Terpaksa keluarga Liza mengalah.

Cinta kerja keras. Siang malam bekerja agar bisa mendapatkan uang lebih. Restu kasihan padanya. Cinta bahkan jatuh sakit. Restu berusaha untuk merawat Cinta. Cinta sedang tertidur saat Dandi datang. Dia meminta agar Restu segera memberikan ikatan pada perasaan mereka untuk menghindari fitnah. Restu tidak yakin dengan perasaannya.

Ibu Restu marah besar. Liza melaporkan perbuatan Restu selama ini. Ibu Restu menarik semua fasilitas Restu jika seandainya Restu masih tetap memilih Cinta. Restu nekat memilih cinta dan meninggalkan segala kemewahannya selama ini.

Restu ngontrak di dekat rumah Cinta dan kerja keras menjual terasi buatan cinta tetapi Cinta merasa bingung sebab Restu terus menghindarinya. Cinta terpaksa menarik diri dan membiarkan Restu sibuk dengan dirinya sendiri.

Cinta merasa hampa. Melihat Restu setiap hari lalu lalang di hadapannya tanpa menyapanya membuatnya sakit hati. Cinta tidak punya semangat untuk menjual terasi sedangkan terasi buatan Restu malah sudah masuk ke pusat perbelanjaan dan Restu bahkan sudah bisa memiliki usaha rumah tangga untuk membuat terasi.

Cinta jadi salah tingkah saat Restu membawa iring-iringan yang dipimpin Dandi dan Deny. Restu datang melamar Cinta. Restu sudah sukses dan yakin bisa memberikan masa depan indah untuk Deny dan Cinta, Restu juga ingin Cinta memahami perasaannya sebelum Restu buru-buru mengatakan Cinta padanya. Cinta bingung tetapi ibu Restu malah tiba-tiba datang dan membujuknya untuk menerima lamaran Restu sebab ibu Restu yakin bahwa putranya benar-benar mencintai Cinta dan bahkan siap menerjang segala rintangan hanya untuk bisa bersama Cinta. Dengan malu-malu Cinta menjawab iya untuk lamaran restu dan membuat semua orang terharu mendengarnya.

 

-   SEKIAN -

 
SINOPSIS INI BELUM DIPRODUKSI
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.