Wow! Ternyata REBUNG BAIK UNTUK KESEHATAN

SEMBILAN ALASAN MENGAPA REBUNG BAIK UNTUK KESEHATAN

            Kabar JPI - Bambu memang istimewa. Kerap dijumpai di halaman belakang, tanaman yang tergolong dalam keluarga rumput-rumputan ini memang serbaguna. Batangnya sering dimanfaatkan untuk  membuat rumah, gagang pancing, alat musik,  peralatan dapur, mebel, dan lain-lain. Sementara rebungnya merupakan sumber pangan bagi manusia. Harga yang murah dan rasanya yang unik membuat bambu disukai oleh orang-orang Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tetapi, tidak hanya itu saja keistimewaan rebung. Berikut ini sembilan alasan mengapa sayuran satu ini baik bagi kesehatan manusia:
     
Rebung (bambu muda)

       
1.    Rendah kalori
Bagi Anda yang sedang berdiet, rebung sangat baik bila dimasukkan dalam daftar menu makanan Anda. Kadar kalori yang rendah, hanya 12 kcal/100 gr rebung yang sudah diolah, membuat tubuh memiliki energi lebih lama. Hal ini terjadi karena kandungan karbohidrat di dalamnya tidak mudah dipecah menjadi glukosa.

2.    Mengandung serat
Rebung mengandung serat sebanyak 2,2 gram/100gr-nya. Kandungan serat ini sangat baik bagi tubuh karena bisa membantu melancarkan pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga bisa menekan keinginan untuk ngemil setelah makan.

3.    Mengandung Vitamin C
Kandungan vitamin C-dalam mempunya efek antioksidan bagi tubuh. Sehingga bisa menghalau radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit kardiovaskuler, hipertensi, atau diabetes.


Rebung yang sudah siap dimasak

4.    Mengandung vitamin E
Vitamin E dalam rebung mencapai 1 mg atau 7% dari kebutuhan tubuh sehari-hari. Vitamin ini baik sekali bagi tubuh karena bermanfaat untuk mengatasi stress, meningkatkan kesuburan, mencegah penyakit kanker, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

5.    Mengandung asam folat
Asam folat penting bagi pembentukan janin. Asupan yang cukup akan mencegah munculnya spina bifida ( kelainan tulang belakang) dan anencephaly (kelainan yang menyebabkan otak tidak terbentuk) pada bayi.

6.    Mengandung potasium
Kandungan potasium dalam rebung mencapai 533 mg/100 gr. Fungsinya untuk mengendalikan detak jantung dan mengontrol tekanan darah.  

7.    Kaya akan vitamin B komplek
Vitamin B komplek adalah thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, and asam Pantothenic. Kelimanya memiliki peranan penting agar metabolisme sel dalam tubuh berjalan optimum.

8.    Mengandung mangan, tembaga, dan besi
Mangan berfungsi sebagai co-factor untuk enzim antioksidan dalam tubuh. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah, sedangkan besi bermanfaat dalam proses formasi sel darah merah.

9.      Rendah lemak
Lemak yang terkandung dalam 100 gram rebung mencapai 0,3 gr (1% dari kebutuhan harian tubuh). Kandungan lemak yang rendah membantu mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung.

Bambu


            Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum menikmatinya. Pastikan rebung sudah dikupas dan direndam dalam larutan garam selama setengah jam atau direndam dalam air semalaman. Setelah proses tersebut usai, lanjutkan dengan merebus rebung dalam air mendidih selama 5-10 menit. Fungsinya tak hanya untuk membebaskan rebung dari kuman penyakit, tetapi juga menghilangkan racun taxiphyllin yang mampu menghasilkan asam sianida dalam lambung. Setelah itu barulah rebung siap diolah menjadi berbagai masakan.  (AY)
           
 ----

Tentang Penulis

Afin Yulia. Blogger sejak 2006. Menelurkan lebih 12 antologi dan tiga novel trio. Karya terbarunya berjudul Sweet Sour Love : From Spring to Winter. Gemar membaca, memotret makanan, dan membuat kerajinan di waktu senggang. Bisa dihubungi via fb Afin Yulia atau twitter @afinyulia 


Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.