Info Penerimaan Naskah Penerbit Genta Hidayah


Kabar Baik - jaringanpenulis.com. Hai Girls, kalian jago nulis buku nonfiksi islami? Ada peluang emas nie dari penerbit keren Genta Hidayah. Mulai bulan Maret 2017 menerima naskah islami dengan ketentuan tema:

1. Tema muslimah (apa saja)
2. Target pembaca muslimah
3. Target pembaca usia 15-30 tahun
4. Gaya bahasa populer (renyah)

Perlu diperhatikan, naskah yang dicari adalah nonfiksi islami. Bukan naskah novel, lho. Juga bukan naskah buku anak.  Kalau punya naskah novel trus mau diubah jadi nonfiksi islami, ya silakan. Haha...

Bocorannya nie Penerbit Genta Hidayah kepincut naskah yang memiliki ide segar dan banyak dibutuhkan oleh muslimah. Yang kayak gimana, tuh? Survey aja, kira-kira temen-temen cewek muslimah biasanya suka bacaan yang seperti apa.

Model tulisan yang bisa dipakai yang kayak gimana? Semacam bacaan yang bisa menguatkan iman, meluruskan pemahaman, tips praktis, dan kisah inspiratif. Untuk gaya bahasa tulisan gunakan bahasa populer. Kan sasarannya remaja dan dewasa, Girls....

Kabar gembiranya, Girls. Penulisnya boleh lebih dari dua orang, alias tim. Asal pakai satu nama pena, seperti buku terbitan Genta Hidayah yang judulnya Ibumu Ibumu Ibumu Ayahmu. Itu ditulis oleh 5 orang yang memakai nama pena @humairastory. Asyik kan?

Itunglah misal kalian bikin tim yang terdiri dari 5 orang penulis. Masing-masing misal menulis 30 halaman, dikumpulkan jadi satu naskah 150 halaman. Misal bisa garap 1 halaman perhari, maka 30 halaman selesai dalam sebulan. Wow! Bandingkan jika kalian harus menyelesaikan satu naskah buku sendirian. 150 halaman bisa rampung berapa hari?

Weits..., jangan kawatir soal identitas kalian sebagai penulis. Ntar kalau bukunya terbit, nama penulis dan profil singkatnya tercantum di halaman terakhir buku. Dan tanda tangan MoUnya diwakili oleh satu orang. Tunjuk aja kepala suku dari tim penulis yang kalian bentuk, Girls.

Trus, misal dalam satu tim penulis terdiri dari cowok-cewek boleh nggak? Boleh aja..., asal dia bisa nulis tema yang diminta. Hehe..., mantab tho?

Trus kalau mau kirim naskah, ketentuannya gimana nie?
Pastikan naskah yang dikirim harus memiliki keunggulan ide dan isi jika dibandingkan dengan buku-buku setema yang sudah ada di pasar (toko) buku. Jadi kalau ntar ditanya, "keunggulan naskah buku ini apa?" Kalian harus bisa ngejelasin dengan baik. Nggak cuma bisa ngejelasin, tentunya juga mampu menawarkan keunggulan yang benar-benar unik dan memiliki nilai jual.

Kalau naskah kalian sudah siap, silakan kirim via email dengan syarat sebagai berikut:

1. Konten disertai Qur'an dan hadis.
2. Bukan plagiat dan bukan terjemah.
3. Ukuran kertas A4, margin normal.
4. Font TNR size 12, spasi 1,5.
5. Tebal minimal 130 halaman.

Kirim naskah lengkap mulai dari halaman depan (judul, nama penulis), daftar isi, prakata penulis, naskah isi, daftar referensi, dan profil penulis. Ingat, penerbit Genta Hidayah tidak menerima rancangan naskah dan sampel tulisan. Yang kalian kirim harus draft final buku nonfiksi islami.

Ke email: gentahidayah@gmail.com

Bersama naskah, lampirkan juga surat pernyataan keaslian karya, bahwa naskah tersebut benar-benar karya asli penulis.

Tidak boleh mengirim naskah yang sudah pernah diterbitkan di penerbit lain, kecuali sudah habis masa terbitnya dan disertai bukti surat pencabutan naskah.

Penilaian redaksi atas naskah masuk paling lama 1 sampai 3 bulan, dan akan dikonfirmasi melalui email masing-masing penulis.

Untuk naskah yang diterima akan diterbitkan dan disebar secara nasional di seluruh toko buku Gramedia, Togamas, dan toko buku lainnya.

Ini poin yang paling diaukai, Girls. Ngomongin soal fee, alias duit. Sistem akuisisi naskah berupa pemberian royalti sebesar 10% berdasarkan harga jual buku dan banyaknya jumlah buku yang terjual tiap (selama) 6 bulan. Uang muka royalti saat buku terbit sebesar Rp 1,5 juta. Penulis mendapat sampel buku terbit minimal 5 eksemplar. Jadi, tunggu apalagi Girls?

Silakan info ini dibagikan. Share dan beri tahukan ke teman-teman kalian. Silakan like fans page Genta Hidayah untuk mendapat informasi berikutnya. Semoga bermanfaat.

Sumber Informasi: Akun resmi facebook Redaksi Genta Hidayah. Kantor Pusat Surabaya. (ESN)

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.