Kritik Novel "Planet Graxpiex" Oleh: Planet Graxpiex




Kritik Novel Planet Graxpiex

Oleh: Planet Graxpiex



Novel fiksi ini memiliki 467 halaman dan dibuat oleh salah satu anak bangsa Indonesia. Novel ini diharapkan memberikan warna dalam novel-novel fiksi yang ada saat ini.  Saat ini pecinta novel fiksi banyak menyukai dan mengidolakan penulis-penulis dari luar negeri. Sehingga diperlukan suatu bentuk motivasi-motivasi yang membangun untuk para penulis novel fiksi yang ada di Indonesia.

Kekuatan novel fiksi ini: pesan moral yang di tuangkan novel ini dalam memberikan inspirasi dalam kehidupan nyata. Alur cerita yang sulit di ramalkan oleh pembaca, namun setiap tahapan cerita akan saling berhubungan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Kisah-kisah kehidupan yang memang nyata terjadi dalam kehidupan manusia tertuang dalam novel ini. Kisah-kisah tentang: cinta, romantisme, kejahatan, kebaikan, kebingungan, kebijakan, politik, teknologi, ilmu pengetahuan, strategi, bagaimana mempertahankan kehidupan, takdir, emosi, misteri, misteri kehidupan, kekuatan, kekuasaan, harga diri, dan lain sebagainya.

Kelemahan novel ini: ditulis dengan dalam istilah-istilah yang tidak umum, penulis lebih banyak menggambarkan kondisi dan situasi di bandingkan dengan dialog tokoh-tokoh dalam novel, namun semua itu bisa menjadi satu kesatuan dalam imajinasi pembaca dan pembaca di bawa dalam petualangan fantasi yang berbeda dan belum pernah di bayangkan. Penamaan tokoh yang mungkin kurang memorable dan baru di dengar oleh pembaca hal ini sebagai pembeda dari novel-novel lainnya.






TENTANG PENULIS:

Penulis lahir di Teluk Betung, Bandar Lampung, tahuni 1978.  Diterima di Universitas Lampung (Unila) tahun 1997 pada program sarjana dan tamat pada Jurusan Manajemen Hutan Unila tahun 2001.  Pada tahun 2007 melanjutkan pendidikan program S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Jurusan Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH) dan tamat tahun 2009. Penulis sebagai dosen di Unila sejak tahun 2005 hingga sekarang. Sebagai dosen penulis banyak mempublikasikan tulisan dalam bentuk prosiding, jurnal, dan buku akademik khususnya dibidang kehutanan dan lingkungan.  Buku-buku akademik yang telah ditulis adalah: Sistem Local Ecological Knowledge dan Teknologi Masyarakat Lokal pada Agroforestri (2009), Etnoekologi (2010), Sistem Agroforestri Organik (2011), Pengelolaan Hutan Rakyat (2012). Hobinya sebagai penulis menghantarkannya membuat novel berbasis fiksi scientific berjudul Planet Graxpiex (2013) 




CATATAN: Setiap karya yang kami publikasikan hak cipta dan isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.