Andrea Hirata

Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir 24 Oktober) adalah seorang penulis Indonesia yang berasal dari pulau Belitong, propinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi yang merupakan buku pertama dari tetralogi novelnya, yaitu :
1. Laskar Pelangi
2. Sang Pemimpi
3. Edensor
4. Maryamah Karpov

Laskar Pelangi termasuk novel yang ada di jajaran best seller untuk tahun 2006 - 2007.
Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi--dan tentu saja sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa tertinggi di dunia, di Himalaya.
Andrea berpendidikan ekonomi di Universitas Indonesia, mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah. Saat ini Andrea tinggal di Bandung dan masih bekerja di kantor pusat PT Telkom.

Novel Laskar Pelangi Menembus 21 Negara dan Penerbit Para Pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat.  Novel Laskar Pelangi Menembus 21 Negara dan Penerbit Para Pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat (Rilis terbaru, 25 Juni 2012).  Pada Tanggal 12 Maret 2012 Andrea Hirata menandatangani perjanjian penerbitan The Rainbow Troops (edisi international novel Laskar Pelangi) dengan Kathleen Anderson Literary Management, New York dan Penerbit Farrar, Straus and Giroux (FSG), New York. FSG adalah penerbit terbaik di Amerika yang telah berdiri sejak tahun 1946 dan melahirkan karya-karya 23 pemenang nobel sastra antara lain adalah TS. Eliot, Pablo Neruda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Vargas Llosa yang mendapat nobel sastra tahun 2010. Pada tanggal 25 Mei 2012, FSG mengumumkan secara global cover novel The Rainbow Troops versi Amerika Serikat dan Canada.

The Rainbow Troops juga diterbitkan oleh Penerbit terkemuka Hanser-Berlin (Jerman), Atlas-Contact (Belanda), yang menerbitkan buku Haruki Murakami, Temas de Hoy (Spanyol), Sunmark (Jepang), Yi Lin Press (China), Butik Yayinlari (Turki), dan Editora Sextante (Brazil). Edisi Brazil dalam bahasa Portugis telah terbit dengan judul Guerreiros da Esperanca dan mendapat review yang sangat positif dari Koran terbesar Brazil O GLOBO sebagai karya sastra Indonesia yang sangat mengejutkan (Lihat: http://www.editoraarqueiro.com.br/livros/ver/162 ) The Rainbow Troops ini diterbitkan bersama karya Nicholas Sparks (Penulis novel The Notebook dan A Walk To Remember) dan Harlan Coben (Pemenang Edgar Allan Poe Award tahun 1995). Sampai sejauh ini (Juni 2012) Laskar Pelangi diterbitkan di 22 negara dalam 19 bahasa. Adapun penerjemahan novel Laskar Pelangi sedang berlangsung ke dalam lebih dari 30 bahasa asing.

Andrea Hirata telah menerbitkan delapan karya yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008), Padang Bulan (2009), Cinta di Dalam Gelas (2009), Sebelas Patriot (2010), dan Laskar Pelangi Song Book (2012). Laskar Pelangi Song Book berisi kisah-kisah dari Negeri Laskar Pelangi (Belitong) dan lagu-lagu karya Andrea Hirata yang dibawakan oleh Meda dan Cut Niken.


MANFAATKAN BLOG ANDA DENGAN MENGIKUTI KUMPUL BLOGER
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.